Pembelajaran Kitab Kuning Pada Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat

Ar Rosikh, Ar Rosikh (2017) Pembelajaran Kitab Kuning Pada Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat. [error in script]. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Mataram. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian)
425.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (918kB) | Preview

Abstract

INDONESIA

Kitab kuning merupakan factor penting yang menjadi karakteristik Pondok Pesantren. Kitab kuning difungsikan oleh kalangan pesantren sebagai referensi yang kandunganya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Khusus Al- Halimy Sesela hanya mempelajari kitab-kitab klasik atau kitab kuning yang tidak dimasukkan ke dalam kurikulum penerintah. Adapun focus kajian dalam penelitian ini antara lain: Pertama, terkait dengan metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning, Kedua. Terkait dengan bagaimana penerapan metode-metode pembelajaran, Ketiga, terkait dengan bagaimana penilaian setelah pelakasanaan pembelajran kitab kuning berlangsung. Desain penelitian menggunakan Kualitatif deskriptif. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan1) Pondok Khusus Al-Halimy Sesela menerapkan beberapa metode yang lazimnya digunakan di pondok- pondok salaf yang mengajarkan kitab kuning, seperti, metodesorogan, wetonan, dan diskusi. Selain itu jenis metode yang digunakan masih menggunakan metode klasik yaitu metode sorogan, bandongan, wetonan, dan halaqoh, dan ada juga meto dediskusi, demonstrasi, dan ada juga metode tanyajawab. 2).Penerapan metode-metode dalam pembelajaran kitab kuning didasarkan kesesuaian metode yang akan digunakan dengan mata pelajaran yang akan diajarkan. 3).Untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu metode yang diterapkan dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Khusus Al-Halimy Sesela adalah dengan menggunakan beberapacara di antaranya adalah dengan menguji secara langsung. Trakhir saran diberikan kepada pimpinan Pondok Khusus agar dapat mempertahankan tradisi pesantren salaf dan memasukkan tradisi pesantren khalaf yang lebih baik guna memberikan dampak positif bagi kemajuan pendidikan pesantren sehingga akan muncul lulusan-lulusan yang betul- betul tafaqquh fi al-din dan kepadaGuru/ Ustadz kepada guru Pondok Khusus Al-Halimy Sesela agar mampu memilih metode pembelajaran yang tepat dan bias melihat apa yang dibutuhkan santri dalam mengikuti pembelajaran agar tujuan pembelajaran bias tercapai.

Item Type: Monograph ([error in script])
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): pembelajaran; Kitab Kuning; pondok pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 17 Oct 2019 08:14
Last Modified: 10 Jan 2020 07:53
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item