Zaki, H. M. (2018) Menyemai toleransi merawat NKRI: Ikhtiar pengembangan pendidikan agama melalui program imtaq. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-7881-44-5

[img] Text (Peer Review)
Peer Review menyemai toleransi merawat NKRI.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (664kB)
[img] Text (Buku)
MENYEMAI TOLERANSI MERAWAT NKRI ebook - Copy_Compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Agama sebagai sistem pengetahuan dan system keyakinan, menyediakan sarana-sarana berupa pengetahuan-pengetahuan keagamaan yang menurut keyakinan pemeluknya sendiri, bersumber dari wahyu yang terkodifikasi ke dalam teks-teks suci, berupa serangkaian simbol-simbol terutama simbol-simbol konstitutif (agama). Hasil tafsiran pemahaman atas teks-teks simbolik itu melahirkan kecenderungan umum bagi para pemeluknya seperti klaim kebenaran secara sepihak. Dengan demikian, pada setiap agama terdapat aliran-aliran keagamaan. manusia dari berbagai belenggu kehidupan). Dengan kata lain, agama mampu berfungsi sebagai alat membangun kehidupan yang rukun, damai, dan penuh toleran bagi setiap pemeluknya. Buku ini terdiri dari enam bab. Bab pertama merupakan pendahuluan yang memuat bahasan tentang urgensi kajian dalam buku ini untuk dilakukan. Dilanjutkan dengan bab kedua yang mengulas kajian teoritis tentang konsep cita ideal, basis yuridis, realitas sosial dan reorientasi pendidikan agama pada institusi pendidikan sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan bab ketiga yang mendeskripsikan konsep pentingnya revitalisasi sikap toleransi melalui kearifan lokal. Pembahasan dimulai dari keniscayaan bersikap toleransi, penyemaian sikap toleransi, esensi toleransi, praksis toleransi dan intoleransi beragama, institusi pendidikan dan toleransi, diakhiri dengan esensi kearifan lokal. Bab keempat buku ini mendeskripsikan pembentukan sikap toleransi melalui program imtaq. Kajiannya dimulai dengan mendeskripsikan selayang pandang Pulau Lombok sebagai lokus utama kajian, profil program imtaq, dan bentuk-bentuk program imtaq sebagai pengembangan pendidikan agama berbasis kearifan lokal. Dilanjutkan dengan bab kelima yang mengupas tuntas tentang desain pendidikan agama program imtaq. Kajiannya berfokus pada perencanaan program imtaq dan pendekatan system dalam perencanaan program imtaq. Bab enam merupakan akhir dalam kajian buku ini yang mengupas tuntas tentang implementasi dan dampak program imtaq dalam menyemai sikap toleransi terhadap peserta didik.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama; kearifan lokal; toleransi; relitas sosial
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Pemikiran Politik Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 22 Jan 2021 12:16
Last Modified: 22 Jan 2021 12:16
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item