Peta Dakwah Majelis Ulama Indonesia Nusa Tenggara Barat

Zuhdi, Muhammad Harfin and Saleh, Muhamad and Abdullah, M. Natsir and Bin Mujib, Lalu Supriadi and Rahman, M. Fachrir and M. Nur, Muhammad H. and Mukhlis, Mukhlis (2017) Peta Dakwah Majelis Ulama Indonesia Nusa Tenggara Barat. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi NTB, Mataram. ISBN 978-602-6223-55-5

[img]
Preview
Text (Buku)
Isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Peer Review)
Buku Peta Dakwah MUI NTB.pdf - Supplemental Material

Download (596kB)

Abstract

INDONESIA:

Peta dakwah adalah suatu gambaran sistematik dan terinci tentang subyek ,obyek dan lingkungan dakwah pada satuan unit daerah. Satuan unitnya dapat meliputi tingkat kelurahan /desa, kecamatan, kabupaten, bahkan provinsi. Luas dan besarnya satuan unit yang akan diambil sangat tergantung kepada kebutuhan akan data serta dana dan tenaga yang tersedia.

Adapun gambaran petanya meliputi beberapa komponen antara lain: pertama, deskripsi keadaan. Deskripsi ini dapat dituangkan dalam bentuk uraian, dan dalam bentuk tabel, grafik dan lainnya yang berkaitan dengan setiap komponen. Kedua, identifikasi masalah dakwah, dan ketiga, hubungan peta dakwah dan perencanaan dakwah.

Sebuah perencanaan dakwah tidak akan mengenai sasaran jika tanpa dilandaskan kepada data (bank data) yang sahih. Data yang sahih hanya dapat diperoleh dari sebuah penelitian. Penelitian dakwah akan menghasilkan bank data yang kemudian dituangkan dalam peta dakwah. Data yang ada dalam peta dakwah dijadikan landasan untuk menyusun perencanaan dakwah selanjutnya.

Salah satu usaha untuk mengetahui materi dan metode dakwah yang dibutuhkan oleh kelompok masyarakat tertentu adalah melalui penyusunan peta dakwah. Peta dakwah, dengan demikian adalah gambaran (deskriptif ) menyeluruh tentang berbagai komponen yang terlibat dalam proses dakwah.

Dinamisasi kehidupan masyarakat sebagai sarana dakwah dewasa ini semakin kompeks dan menuntut perlunya perubahan paradigma strategi dakwah Islam. Strategi dakwah Islam yang diyakini dapat menjawab tantangan zaman tersebut, meliputi: peningkatan sumber daya dai, pemanfaatan teknologi modern sebagai media dakwah, penerapan metode dakwah fardhiyah dan dakwah kultural, monitoring dan evaluasi dakwah, serta penyusunan peta dakwah. Dengan demikian para praktisi dakwah; Tuan Guru, Kyai, Ustdaz, Da’i, dan Mubaligh akan dapat memperluas informasi tentang daerah yang ditandatangani.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): Sosial budaya; keagamaan; demografi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ilmu Falaq
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 17 May 2018 04:30
Last Modified: 16 May 2020 06:59
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item