Dampak kapitalisme global terhadap pendidikan Islam

Emawati, Emawati (2018) Dampak kapitalisme global terhadap pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 14 (2). pp. 136-152. ISSN 2580-9652

[img]
Preview
Text (Artikel Jurnal)
543.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review)
PR Dampak Kapitalisme.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/art...

Abstract

INDONESIA:

Tujuan Kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak kapitalisme global terhadap pendidikan islam. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data, dalam hal ini penulis akan melakukan identif ikasi w acana dari buku-buku, makalah atau artikel, majalah, jur nal, w eb (internet), ataupun informasi lainnya yang berhubungan dengan judul penulisan untuk mencari hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah dan sebagainya. Teknik yang digunakan dalam tesis ini adalah analisis data model Miles dan Huberman.Aktifitas analisis data model ini antara lain, reduksi data (data reduction), display data dan gambaran konklusi atau verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil kajian menunjukkan bahw a humanisme religius sebagai paradigma, maka orientasi pendidikan Islam dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, formal, dan informal perlu diarahkan ke titik ini. Dengan paradigma ini, pendidikan Islam, khususnya konteks Indonesia (periferi), diharapkan mampu menyiapkan dirinya sebagai suatu sistem yang dapat diandalkan dalam menyiapkan peserta didik yang siap menghadapi segala dampak yang ditimbulkan akibat kapitalisme global yang dikuasai negara-negara Barat (center).Dengan paradigma ini, peserta didik dapat tumbuh kembang dengan segala potensi dirinya masing -masing, dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai religius. Dengan demikian pendidikan Islam tidak akan mengabaikan pentingnya pendidikan jasmani dan rohani serta pendidikan alam, tidak mendikotomikan elemen- elemen tersebut. Pada akhirnya, Insan kamil adalah sasaran pendidikan dalam Islam, dan ini dapat disasar dengan menggunakan paradigma humanisme religius.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): kapitalisme global; pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Emawati M.Ag
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:59
Last Modified: 23 Apr 2020 01:08
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item