Esensi pendidikan karakter dalam perspektif Islam

Syukri, Syukri (2018) Esensi pendidikan karakter dalam perspektif Islam. In: Horizon ilmu: Dasar-dasar teologis, filosofis, dan model implementasinya dalam kurikulum dan tradisi ilmiah UIN Mataram. Pustaka Lombok, Lombok, pp. 205-214. ISBN 978-602-5423-09-3

[img]
Preview
Text (Buku)
579_Compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (490kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Wacana pendidikan karakter mencuat tatkala manusia terdidik tidak lagi mencerminkan hasil pendidikannya. Tampkanya ada sesuatu yang salah urus dalam lembaga pendidikan mulai sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Salah satu yang salah adalah mengabaikan pendidikan karakter atau pembiasan perilaku yang baik. William Damon menyebut, pendidikan gagal menyeimbangkan ketinggian intelektualitas dengan moral. Pendidikan hanya mengutamakan prestasi akademis intelektual) dan mengabaikan masalah moral, padahal moral tetap menjadi tanggungjawab lembaga pendidikan.1 Sama halnya dengan kondisi pendidikan nasional Indonesia yang gagal menyeimbangkan antara ketinggian gelar akademis dengan rendahnya nilai-nilai moral yang baik dalam lembaga pendidikan, terutama jika dilihat dari adanya praktek jiplak karya akademik dan maraknya kecurangan dalam ujian nasional.
Realitas di atas mencerminkan lembaga pendidikan tidak lagi nyaman untuk pembiasaan perilaku yang baik, sebab outcomes memiliki kecenderungan perilaku yang kurang baik. Untuk itu, pendidikan karakter perlu mendapat bagian dalam proses pendidikan formal. Tahun 1995, Bill Clinton mewajibkan sekolah Amerika mengajarkan pendidikan karakter, mengajarkan nilai-nilai yang baik, dan menjadi warga negara yang baik. Solusi yang ditawarkan sang presiden tersebut hanya menyentuh kognitif pendidikan karakter, bukan perilakunya (psikomotorik), maka hasilnya gagal. Indikasi kegagalan pendidikan karakter tampak pada meningkatnya penggunaan narkoba, kriminal, dan perceraian.4 Kasus yang sama menimpa outcomes pendidikan nasional Indonesia yang mengalami peningkatan perilaku buruk, seperti kasus narkoba, amoral, dan korupsi. Kondisi ini menunjukkan nilai-nilai moral dari para orang terdidik mengalami erosi dan krisis moral yang merusak tujuan mulia dunia pendidikan.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): pendidikan karakter; Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 21 Jan 2020 06:21
Last Modified: 21 Jan 2020 06:21
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item