Model strategi kemitraan pada lembaga pendidikan islam: studi kasus di MAN 2 Mataram

Idrus, S. Ali Jadid Al (2017) Model strategi kemitraan pada lembaga pendidikan islam: studi kasus di MAN 2 Mataram. Palapa, 6 (2). pp. 20-37. ISSN 2338-2325

[img]
Preview
Text
Nilai_model strategi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MODEL STRATEGI KEMITRAAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/art...

Abstract

INDONESIA

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, juga sebagai sasaran utama upaya pembangunan manusia. Pendidikan diyakini mampu mengubah pola pikir masyarakat yang nantinya diharapkan membawa perubahan bagi bangsanya. Setiap lembaga atau organisasi sosial, khususnya sekolah/madrasah dalam melaksanakan aktivitas selalu berkaitan dengan usaha mengembangkan kerja sama satu kesatuan, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada guna mencapai tujuan tertentu dalam organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya (pre determine objective).. Untuk memudahkan dalam mencari data atau informasi yang terkait dengan kajian ini, maka perlu membatasi masalah. Kajian akan fokus pada proses, visualisasi, konstruksi dan tujuan membagun keunggulan bersaing di MAN 2. Dan lebih khusus adalah tentang bagaimana analisis lingkungan, bagaimana akuntabillitas lembaga, dan bagaimana bentuk kerjasama lembaga dengan masyarakat baik masyarakat sekitar maupun masyarakat luas pada umumnya. Kajian ini diharapkan dapat berkonstribusi pada; (1) menambah dan memperkaya khazanah keilmuan pendidikan khususnya manajemen pendidikan Islam dalam mengaplikasikan bagaimana strategi kemitraan dalam membangun keunggulan bersaing guna menciptakan lembaga pendidikan yang bermartabat dan berdaya saing dalam rangka mengembangkan dan memajukan pendidikan. (2) Bagi para pembuat dan pengambil kebijakan sebagai salah satu acuan terkait dengan strategi kemitraan dalam membangun keunggulan bersaing pada lembaga pendidikan guna mengembangkan dunia pendidikan Islam formal maupun non formal, (3) Bagi para pelaksana kebijakan pendidikan dalam mensosialisasikandan menanamkan nilai-nilai kebersamaan guna membangun dunia pendidikan dan lembaga pendidikan dengan menerapkan strategi kemitraan dalam membangun keunggulan bersaing di lembaga pendidikan Islam. Bagi para peneliti lainnya sebagai bahan acuan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya terutama tentang strategi lembaga pendidikan Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): strategi kemitraan; lembaga pendidikan; manajemen pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: yunita lestari S.adm
Date Deposited: 27 Mar 2020 11:58
Last Modified: 01 Apr 2020 05:18
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item