Number sense: konsep dan prinsip penalaran dalam operasi bilangan berbasis kepekaan bilangan

Putrawangsa, Susilahudin (2018) Number sense: konsep dan prinsip penalaran dalam operasi bilangan berbasis kepekaan bilangan. [error in script]. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. (Unpublished)

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

INDONESIA:

Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengungkap konsep dan prinsip penalaran dalam operasi bilangan berbasis kepekaan bilangan (Number Snese). Kajian ini merupakan telaah pustaka terhadap tiga sumber utama, yaitu buku karya Fosnot & Dolk (2001a, 2001b) dan NCTM (2000). Hasil dari kajian ini mengungkapkan bahwa operasi bilangan berbasis Number Sense merupakan akumulasi dari pemahaman konseptual siswa tentang bilangan (meliputi makna dan nilai bilangan, simbolisasi bilangan, hubungan antar bilangan, dan sistem bilangan) dan operasi bilangan (meliputi memahami makna dari suatu operasi bilangan dan dampaknya serta keterkaitan antar operasi bilangan) yang terwujud pada munculnya keterampilan berhitung secara luwes dengan mengaplikasikan berbagai strategi berhitung yang kreatif, efektif dan efisien berdasarkan penalaran yang logis, termasuk di dalamnya adalah keterampilan melakukan penaksiran perhitungan. Selain itu, melakukan operasi matematika dengan Number Sense bukan berarti menerapkan suatu prosedur berhitung yang baku melainkan adanya proses berpikir yang kreatif dalam memilih berbagai strategi berpikir yang relevan dengan memperhatikan karakteristik dari masalah yang dihadapi. Dengan ini, untuk mengembangkan Number Sense siswa, mereka tidak cukup dengan memiliki pemahaman konseptual tentang bilangan dan operasi bilangan akan tetapi mereka perlu mengembangkan berbagai strategi berpikir (mental model of calculation), memahami karakteristik dari strategi berpikir tersebut, dan mengaplikasikannya sesuai dengan karakteristik masalah yang dihadapinya.

Item Type: Monograph ([error in script])
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): number sense; kepekaan bilangan; konsep dan prinsip matematika; penalaran; operasi bilangan;
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 17 May 2018 04:34
Last Modified: 26 Jul 2019 07:28
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item