Mujib, Lalu Supriadi Bin (2018) Analisis pemikiran sastra najm al-dîn al-thûfî dalam al-iksîr fî `ilmi al-tafsîr. Jurnal Ushuluddin, 26 (1). pp. 14-28. ISSN ISSN 1412-0909 | Online ISSN 2407-8247 (Submitted)

[img] Text (Artikel Jurnal)
ANALISIS PEMIKIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (451kB)
[img] Text (Peer Review)
Analisis Pemikiran Sastra Najm Al-Dîn Al-Thûfî Dalam Al-Iksîr Fî `Ilmi Al-Tafsîr_Compressed.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (362kB)
Official URL: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludi...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Ilmu tafsir sebagai disiplin keilmuan Islam semakin berkembang dan menarik untuk dikaji karena karakter isi dan kandungan al-Qur’an bagaikan lautan yang tak pernih kering airnya dan tak akan habis keajaibannya. Juga didukung oleh eksistensinya sebagai kitab suci umat Islam dan kedudukannya yang menempati urutan pertama dalam memahami ajaran Islam. Kemajuan ilmu agama dan sains dengan berbagai corak dan ragamnya memberi ruang munculnya berbagai model pendekatan dalam menafsirkan al-Qur’an. Model pendekatan sastra adalah salah satu tawaran penting bagi para pengkaji al-Qur’an untuk menyelami keindahan bahasa dan menemukan aspek i`jâz (ke-mu’jizatan) al-Qur’an. I'jâz berfungsi menjadi bukti yang mempertegas posisi al-Qur’an sebagai firman Allah (Kalam allah) untuk membedakannya dengan perkataan manusia. Beragam varian uslûb (gaya bahasa) bisa ditemukan dalam al-Qur’an dan itu dipergunakan sesuai dengan kondisi dan konteks realita sosial budaya yang berkembang saat turunnya al-Qur’an. Hal tersebut tidak muncul begitu saja namun dipastikan mengandung nilai dan muatan sastra untuk mendukung ke-mu’jizat-annya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tafsir; sastra; Mu'jizat; al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Dr Lalu Supriadi
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:01
Last Modified: 30 Nov 2021 04:35
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item