Setengah abad Nurul Hakim: menyingkap sejarah dan kontribusi Nurul Hakim bagi masyarakat

Fadli, Adi and Ahyar, Ahyar and Zaenuri, Lalu Ahmad and Sa'i, Muhammad and Syukran, Muharrar and Syamsuri, Suhaimi and Murzal, Murzal and Antoni, Antoni and Nuzula, Firdausi (2014) Setengah abad Nurul Hakim: menyingkap sejarah dan kontribusi Nurul Hakim bagi masyarakat. Pustaka Lombok, Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat. ISBN 978-602-97373-8-7

[img]
Preview
Text
Isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review)
setengah.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (246kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Menulis tentang masa lalu bukanlah hal yang sederhana. Terlebih lagi segala sesuatu tentang masa lalu dan terutama kejadian dan momen pentingnya. Akan tetapi, apapun itu, untuk menjadikan sesuatu itu ada maka harus dimulai menulisnya dari satu huruf awal karena huruf itulah yang akan menyempurnakannya menjadi sebuah kalimat dan bahkan bahasa yang dapat dipahami oleh generasi berikutnya.
Masa lalu mempunyai keunikannya sendiri. Ia berjalan dan bergerak serta berkembang apa adanya. Setelah sejarah berlalu dan menjadi besar, ia menjadi penting untuk dilacak jejaknya sebagai pelajaran bagi masa sekarang dan masa depan. Demikian halnya dengan Nurul Hakim sebagai pondok pesantren. Ia muncul dari kesederhanaan masa lalu dan sekarang menjadi besar. Kemudian kita menjadi penting mengetahui sejarahnya sebagai kewajiban menempatkan mereka para pelaku sejarah sesuai dengan posisi dan kontribusinya.
Sudah setengah abad lebih Nurul Hakim berkhidmat untuk umat. Tentunya, dalam rentang waktu yang cukup matang itu, Nurul Hakim mengalami masa dan fase turun naik sebagai sebuah lembaga. Masa-masa itu tidak semua terekam oleh semua orang atau boleh jadi dulu terekam, akan tetapi sekarang menjadi hilang karena usia semakin lanjut. Sampai sekarang belum ada tulisan yang dapat dibaca, paling tidak secara lengkap tentangnya. Atas dasar pemikiran tersebut, kami sebagai alumni merasa terpanggil untuk ikut beramal jariyah bagi kepentingan bersama.
Ide tentang penulisan sejarah dan kontribusi Nurul Hakim ini sudah lama muncul. Banyaknya pekerjaan lain para alumninya menjadikannya beberapa waktu terendapkan. Baru pada tahun 2010 diusulkanlah untuk ditulis oleh tim atau dosen STAI Nurul Hakim, karena yang layak secara akademik dan konsen menulisnya serta yang bertanggung jawab adalah kampus STAI Nurul Hakim. Oleh karenanya, mulailah dibentuk sebuah tim penyusun kecil yang secara khusus dan serius dapat menelusuri sejarah dan kontribusi Nurul Hakim. Lebih terbuka lagi, Supiatun Shafwan, M.A., ketua STAI Nurul Hakim memberikan peluang kepada semua dosennya untuk melakukan penelitian individual tentang Nurul Hakim.
Waktu pun berlalu dan tahun pun terus berganti dan setiap kali tim penyusun bertemu dengan mudir, TGH. Shafwan Hakim yang telah lama merestui dan memimpikan tulisan ini selalu bertanya, “Apa sudah jadi bukunya?” atau “Sudah sampai mana tulisannya?”. Pertanyaan- pertanyaan yang terus-menerus itu membuat tim penyusun merasa malu untuk tidak menyelesaikannya. Sampai akhirnya, tim penyusun sepakat dengan tekad bulat untuk dapat menghadirkan buku tentang Nurul Hakim ini sebelum Reuni Akbar Tahunan yang diadakan setiap tanggal 5 Syawal.
Suatu ketika di sebuah berugak elen di rumah baru, TGH. Shaf wan Hakim mengatakan kepada tim penyusun bahwa “apa yang antum lakukan ini juga merupakan jihad dan sebagai amal jariyah”. Kami serentak berucap, “Amin atas doa syaikhana”.
Buku tentang Nurul Hakim ini sejatinya mengidealkan tulisan yang menyeluruh, bahkan kalau bisa sempurna, tentang Nurul Hakim masa lalu, masa kini, dan masa depan. Tim sudah berbagi tanggung jawab untuk hal ini, akan tetapi beberapa tema, seperti Manajemen dan Sistem Pondok Pesantren Nurul Hakim dan Masa Depan Nurul Hakim belum dapat digarap disebabkan data yang masih sangat mentah dan masih berserakan. Akan tetapi, paling tidak 75% dari tema awal sudah dapat diselesaikan untuk disuguhkan kepada pembaca budiman.
Tentunya, tulisan dalam buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karenanya, saran kritik yang membangun dari pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan buku ini sebagai sebuah kebenaran sejarah. Kepada para penulis, informan, tim peneliti, dan semua yang terlibat dalam penulisan buku ini, wabilkhushush Kakanda Supiatun Shafwan, M.A., Ketua STAI Nurul Hakim kami haturkan jazakumullah khairan katsiran dan seluruh usaha menjadi ibadah dan amal jariyah. Selamat membaca!

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): Biografi; TGH. Abdul Karim; kepemimpinan santri; pondok pesantren
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120110 Architecture of Building for Educational and Research Purposes > 12011007 Pesantren (Islamic Boarding School)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 26 Oct 2018 07:08
Last Modified: 23 Mar 2020 07:54
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item