Mukhlis, Mukhlis and Wahid, Abdul and Fuadi, Abdulloh and Malik, Abdul and Muhammad, Muhammad (2020) Pendidikan multikultural dalam bingkai horizon keilmuan UIN Mataram. CV Sanabil. ISBN 978-623-317-053-6

[img] Text (Book)
Text.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Cek Plagiasi)
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (33MB)

Abstract

Pluralitas alias kemultian adalah realitas yang tidak dapat dielakkan dalam kehidupan manusia. Ia, sebagaimana diurai dalam sub kedua tulisan ini, memang dikehendaki sendiri oleh Tuhan. Dengan kemahakuasaan-Nya, Tuhan bisa saja menciptakan keseragaman dalam segala aspek kehidupan, tetapi itu tidak Dia dilakukan. Hal itu, menurut saya, setidaknya mengandung dua makna, yaitu: (a) penghayatan ketuhanan dapat digali dari dan diperkaya melalui penghayatan terhadap pluralitas, termasuk kemultibudayaan; (b) mengafirmasi pluralitas adalah keniscayaan dan bagian dari keimanan kepada Tuhan; menegasikan pluralitas berarti menegasikan Tuhan, dan melawannya berarti melawan kehendak Tuhan, sehingga pasti akan gagal. Saya mengapresiasi dan mengafirmasi multikulturalisme dan pluralisme budaya adalah dalam kerangka artikulasi dua makna tersebut. Pencitarasaan multikulturalisme dalam pendidikan Islam dalam konteks Indonesia, menurut saya, tidak semata-mata absah secara teologis doktrinal tetapi juga merupakan kemestian sosial, budaya, dan politik. Oleh karena itu implementasinya dalam berbagai aspek pendidikan Islam harus dilakukan dengan cermat dan cerdas mulai dari lingkup input, process, output hingga ke outcome-nya. Aspek-aspek yang dielaborasi dalam tulisan ini—yaitu aspek kurikulum dan materi, tujuan, metode dan pendekatan, dan lingkungan—hanya menyentuh lingkup input saja. Diperlukan usaha sistematis untuk merancang implementasi multikulturalisme dalam praktek (process) pendidikan Islam, dan evaluasi kritis terhadap output dan outcomenya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: multikultural; epistimologi; cultural studies
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200209 Multicultural, Intercultural and Cross-cultural Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 06 Jan 2022 01:32
Last Modified: 06 Apr 2023 07:20
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item