Revolusi pembelajaran Bahasa Arab pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Rosidi, Ayip (2015) Revolusi pembelajaran Bahasa Arab pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). In: Manajemen Kelembagaan dan Pembelajaran dalam Praksis Pendidikan Islam. Pusat Penelirtian dan Penerbitan LP2M IAIN Mataram, Mataram, pp. 163-180. ISBN 978-602-72451-7-4

[img] Text (Book Section)
794.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (673kB)

Abstract

INDONESIA

Tidak ada seorang pun yang dapat memungkiri bahwa Bahasa Arab penting untuk dipelajari dan disebarluaskan kepada sebanyak mungkin orang. Ada sebuah motto di pembuka kitab-kitab Bahasa Arab, seperti Syarh Ibnu Aqil misalnya: ta’allamu al-arabiyyah, wa ‘allimuha an-nas, pelajarilah Bahasa Arab dan ajarkan kepada manusia. Karena memang, Bahasa Arab telah, sedang dan terus akan menjadi bahasa pengantar lisan dan tulisan yang sangat penting di dunia ini. Oleh karena itu, diperlukan semacam revolusi pembalajaran Bahasa Arab agar sejak diri Bahasa Arab dapat dikuasai dengan cara yang mudah, murah dan menyenangkan. Tetapi bagaimana ini bisa? Penelitian ini dibuat untuk berusaha membuka jalan lempang ke arah itu.
Titik berangkatnya dimulai dari penelitian yang sudah dibuktikan keberhasilannya oleh pencetus metode belajar Bahasa Arab yang disebut: “thaqirat al-fithrah wa al-mumarasah”, Dr. Abdullah ad-Dannan, seorang pakar dan praktisi pendidikan yang berdomisili di Suriah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptof-analitis-observatif terhadap bahan-bahan pustaka yang berkaitan pada tiga bidang yang telah ditentukan: psokologi perkembangan, psikolinguistik, dan teori pembelajaran. Dari hasil paparan dapat disimpulkan; Revolusi pembelajaran Bahasa Arab pada anak usia dini dilakukan dengan metode al-fithrah wa al-mumarasah dengan mendayagunakan kemampuan alami pada seorang anak untuk memperoleh bahasa secara fitrialami, mudah dan menyenangkan; dan membiasakannya untuk menggunakan bahasa yang ingin diperoleh, dalam hal ini Bahasa Arab. Secara teori, pembelajaran sebagaimana disimpulan 1 sangat mungkin dilakukan di Indonesia, karena kemampuan alami anak tidak berbeda dari satu negara ke negara yang lain dan dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Oleh karena itu, metode al-fitrah wa al-mumarasah relevan untuk diterapkan di Indonesia.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): revolusi pembelajaran; Bahasa Arab; anak usia dini; Metode Metode al-Fitrah wa al-Mumarasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ilmu Falaq
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 12 Jun 2020 08:41
Last Modified: 12 Jun 2020 08:41
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item View Item