Pengembangan model pembelajaran gramatika Bahasa Arab berbasis Al-Qur'an di Jurusan PAI FITK IAIN Mataram

Emawati, Emawati (2015) Pengembangan model pembelajaran gramatika Bahasa Arab berbasis Al-Qur'an di Jurusan PAI FITK IAIN Mataram. In: Manajemen Kelembagaan dan Pembelajaran dalam Praksis Pendidikan Islam. Pusat Penelirtian dan Penerbitan LP2M IAIN Mataram, Mataram, pp. 181-204. ISBN 978-602-72451-7-4

[img] Text (Book Section)
795.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (671kB)

Abstract

INDONESIA

Problematika ini juga terjadi di tingkat perguruan tinggi, khususnya di IAIN Mataram, untuk jurusan-jurusan non-PBA, Bahasa Arab sebagai Mata Kuliah Institut wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa pada semua jurusan dan terdiri dari empat sks yang ditempuh dalam dua semester. Bahasa Arab sebagai mata kuliah dipelajari dengan tujuan bahasa sebagai alat bukan bahasa sebagai tujuan. Pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang mengeluhkan kesulitan mereka untuk mempelajari Bahasa Arab, baik segi keterampilan berbahasa maupun segi unsur bahasa terutama gramatika. Ironisnya lagi, ada sebagian mahasiswa yang tidak atau belum mampu menerjemahkan ayat al-Qur’an meskipun ayat-ayat pendek, apalagi menganalisis makna yang terkandung di dalam ayat tersebut secara gramatikal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Penelitian pengembangan adalah suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan atau menvalidasi produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran. Hasil akhir produk yang berupa model pembelajaran gramatika Bahasa Arab berbasis al-Qur’an pada mahasiswa Jurusan PAI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), IAIN Mataram Tahun Akademik 2013/1014 telah melewati tahap perancangan, pengembangan dan penilaian yang diadaptasi dari model pengembangan Dick & Carey. Bahan ajar yang dikembangkan meliputi komponen-komponen bahan ajar yakni, tujuan bahan ajar, materi bahan ajar dan Lembar Kerja Mahasiswa. Bahan ajar tersebut terdiri dari sembilan bab atau pokok bahasan, yakni: 1) isim, fi’il dan harf; 2 )isimmudzakkar dan isim muannats; 3) isim nakirah dan isim ma’rifat; 4) isim mufrad, mutsanna dan jama’; 5)jamak mudzakkar salim, jamak muannats salim dan jamak taksir; 6)fi’il shahih dan fi’il mu’tal; 7) fi’il mujarrad dan fi’il mazid; 8) fi’il madhi dan fi’il mudhari dan 9) fi’il amr. Masing-masing bab terdri dari tujuan, materi dan Lembar Kerja Mahasiswa. Ditinjau dari aspek kevalidan, semua komponen bahan ajar dinyatakan memenuhi syarat valid, kecuali LKM yang memenuhi kriteria cukup valid berdasarkan validasi ahli dan telah direvisi. Ditinjau dari aspek keefektifan, pada uji coba I di Jurusan PAI semester tiga Kelas F, pembelajaran belum berjalan secara efektif. Sedangkan pada uji coba II di Kelas yang sama pembelajaran telah berjalan secara efektif.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): bahan ajar; model PGBA BA; aktivitas mahasiswa; pembelajaran;
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 12 Jun 2020 09:11
Last Modified: 12 Jun 2020 09:11
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item