Kristayulita, Kristayulita (2019) Perbandingan model pembelajaran kooperatif snowball throwing dan talking stick terhadap hasil belajar matematika. Nusantara Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (3). pp. 161-170. ISSN 2685-9815

[img] Text (Artikel)
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWWBALL THROWING DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTS PUTRI NW NARMADA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (176kB)
[img] Text (Peer Review)
Perbandingan model pembelajaran kooperatif.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif snowball throwing dan talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa yang dilakukan di MTs. Putri NW Narmada. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain factorial. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VII MTs Putri NW Narmada. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika yang berjumlah 5 butir soal bentuk essay. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t-tes sampel independen. Berdasarkan hasil perhitungan uji t-tes independen diperoleh thitung 2,293 dan ttabel 1,675 dengan dan α = 0,05 berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel maka terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan model pembelajaran talking stick. Berdasarkan perbedaan tersebut diketahui nilai rata-rata hasil belajar snowball throwing yaitu 79.64 dan nilai rata-rata pada talking stick yaitu 74,64 sehingga dapat simpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif snowball throwing lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif talking stick”. Model pembelajaran kooperatif snowball throwing dan model pembelajaran talking stick juga sangat membantu dalam proses pelajaran, siswa sangat antusias dalam belajar sehingga pelajaran menjadi menyenangkan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: snowball throwing; talking stick; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Dr. M.Si., Kristayulita Kristayulita
Date Deposited: 20 Jan 2021 15:01
Last Modified: 21 Jan 2021 05:18
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/8

Actions (login required)

View Item View Item