Ahyar, Ahyar and Faizah, Faizah (2019) Inovasi safety school: Mengulik spiritual learning pada Madrasah Permodelan di Lombok, Indonesia. Edukasia Islamika, Jurnal Pendidikan Islam, 4 (2). pp. 205-225. ISSN 2548-5822 (In Press)

[img] Text (Artikel Jurnal)
2. Inovasi Safety School-Jurnal Pend Islam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (428kB)
[img] Text (Peer Review)
2. Jurnal Edukasia-peer review.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (897kB)

Abstract

Konsep safety school bermula dari fenomena kenakalan remaja, seperti, adanya peserta didik membolos, terlambat, merokok, narkoba, razia gawai, berkembangnya paham radikalisme, dan lemahnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan. Untuk merespon fenomena tersebut, dua sekolah menengah pertama negeri di Lombok, Indonesia, hadir sebagai madrasah yang membangun pendidikan zero accident. Didasari dengan studi kasus kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana dua madrasah tersebut melakukan langkah prefentif terhadap kenakalan peserta didik melalui konsep safety school, sehingga tidak kehilangan identitasnya sebagai lembaga pendidikan yang menjunjung tinggi nilai spritualitas. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menjawab tantangan ini, dua madrasah permodelan tersebut telah menyusun dan mengembangkan inovasi safety school tidak hanya didukung inovasi fisik, seperti fasilitas CCTV, security, tembok pembatas, tata tertib yang ditentukan, dan penataan bangunan madrasah tetapi juga ditopang dengan inovasi nonfisik, yaitu: spritual learning. Penelitian ini juga mempromosikan bahwa spiritual learning pada kedua madrasah ini direalisasikan dalam seperangkat komponen program keagamaan, seperti shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, gerakan bina lingkungan, program one day one ayat, penguatan tartil dan tahfiz al-Qur'an, program Imtaq (iman dan taqwa), community-based madrasah, dan pemanfaatan laboratorium agama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: safety school; spiritual learning; laboratorium agama; religious laboratory
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Manajemen Dakwah
Depositing User: Rika Kurniawaty M.Hum
Date Deposited: 24 Jan 2021 11:47
Last Modified: 24 Jan 2021 11:47
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item