Pengaruh strategi pembelajaran dan minat menjadi guru terhadap hasil belajar mata kuliah perencanaan pembelajaran Biologi: Studi eksperimen pada jurusan Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram

Yusuf, Yusuf (2018) Pengaruh strategi pembelajaran dan minat menjadi guru terhadap hasil belajar mata kuliah perencanaan pembelajaran Biologi: Studi eksperimen pada jurusan Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram. BIOTA, 9 (2). pp. 200-217. ISSN (Online ISSN: 2460-8483, Print ISSN: 2086-3586)

[img]
Preview
Text (artikel jurnal)
Strategi Pembelajaran & Minat-artikel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review)
Strategi Pembelajaran & Minat-Peer Review.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (872kB) | Preview
Official URL: https://biota.ac.id/

Abstract

Penelitian eksperimen ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan minat menjadi guru terhadap hasil belajar mata kuliah perencanaan pembelajaran biologi. Perlakukan stategi pembelajaran, yaitu strategi kontekstual sebagai perlakuan dan strategi konvensional sebagai pembanding pada kelompok mahasiswa memiliki minat tinggi menjadi guru dan kelompok mahasiswa memiliki minat rendah menjadi guru. Sampel diambil dengan teknik Multistage Random Sampling dari populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA Biologi Semester VI tahun pelajaran 2013/2014 sebagai perlakuan pada rancangan Treatment by Level. Data minat menjadi guru dikumpulkan dengan angket dan hasil belajar mahasiswa dengan teknik tes. Data hasil tes dianalisis dengan ANAVA dua jalur pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian (1) untuk strategi pembelajaran: nilai probabilitas uji 0.020 lebih kecil dari alpha, 0.05, tolak HO, kesimpulannya, terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi antara mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan mahasiswa yang diajar dengan strategi konvensional, dan (2) Pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan minat menjadi guru; nilai probabilitas uji = 0.004 lebih kecil dari alpha, 0.05, HO ditolak, kesimpulannya, terdapat pengaruh strategi pembelajaran dan minat menjadi guru terhadap hasil belajar mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Mataram.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): kontekstual; minat menjadi guru; konvensional
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: rika kurniawaty M.Hum
Date Deposited: 13 Oct 2020 07:32
Last Modified: 02 Nov 2020 03:27
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item