Ribahan, Ribahan (2015) Pengembangan silabus pengajaran bahasa inggris untuk mahasiswa Jurusan Akhwal Al-Syaksiyah. In: Antologi hasil penelitian manajemen kelembagaan dan pembelajaran dalam praktis pendidikan Islam. Pusat Peneltian dan Penerbitan LP2M IAIN Mataram, Mataram, pp. 205-220. ISBN 978-602-72451-7-4

[img] Text (Book Section)
6Ribahan 205-220.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (535kB)

Abstract

INDONESIA Pengajaran Bahasa Inggris merupakan sebuah proses berkelanjutan dan kesuksesan pengajarannya ditentukan oleh banyak komponen seperti dosen, mahasiswa, lingkungan belajar, kebijakan lembaga, perangkat pengajaran, dan lain sebagainya. Karena itu, pengajaran Bahasa Inggris harusnya dilakukan dengan prencanaan dan persiapan yang matang dan sistematis. Dosen sebagai salah satu komponen penting sangat diharapkan perannya dalam mempersiapkan perangkat pengajaran yang diperlukan sehingga mahasiswa memperoleh hasil maksimal dari kegiatan pengajaran yang dilakukan dalam usaha menguasai Bahasa Inggris. Di jurusan Ahwal al-Syaksiyah Fakultas Syari’ah IAIN Mataram, Bahasa Inggris diajarkan kepada mahasiswa agar mereka mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Total jumlah kredit yang dialokasikan untuk mata kuliah ini sebanyak 8 sks, meliputi Matrikulasi Bahasa Inggris 1, 2 sebanyak 4 sks dan Bahasa Inggris 1, 2 sebanyak 4 sks yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan yang lebih banyak kepada mahasiswa untuk menguasai bahasa asing ini. Dari pengalaman sebagai pengajar dan hasil diskusi dengan pengajar Bahasa Inggris lainnya diketahui bahwa pengajaran bahasa Inggris di jurusan Ahwal al-Syaksiyah Fakultas Syari’ah IAIN Mataram mempunyai sejumlah pemasalahan yang perlu mendapatkan perhatian dan dicarikan pemecahannya. Beberapa permasalahan itu antara lain adalah hasil dari proses belajar pembelajaran Bahasa Inggris di jurusan ini belum memuaskan dan belum sesuai dengan yang diharapkan. Mahasiswa masih memiliki kemampuan yang rendah dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Mereka masih mendapatkan nilai yang kurang memuaskan pada watu ujian. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa aspek diantaranya adalah kemampuan awal mahasiswa yang rata-rata terbatas, motivasi dan minat belajar mahasiswa yang masih rendah, sikap mahasiswa yang masih negatif terhadap Bahasa Inggris itu sendiri, kebijakan lembaga yang belum mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa, dan belum adanya silabus yang dapat memenuhui kebutuhan belajar mahasiswa. Diantara sejumlah permasalahan yang telah diuraikan sebelumnya, belum adanya silabus yang dapat memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa merupakan masalah paling krusial dan menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Lebih jelasnya, saat ini belum ada silabus yang dirancang secara khusus bagi mahasiswa jurusan Ahwal al-Syaksiyah yang dapat memenuhi kebutuhan mereka yang sesungguhnya yakni silabus yang berhubungan dengan bidang yang mereka pelajari. Selama ini, kegiatan pengajaran yang dilakukan menggunakan silabus yang belum sesuai dari segi kompetensi standar, kompetensi dasar, topik, indikator, kegiatan belajar mengajar, dan metode. Akibatnya, kegiatan pengajaran tidak efektif dan tidak maksimal. Oleh sebab itu, silabus yang ada pada saat ini perlu direvisi dan dikembangkan agar lebih tepat, sesuai, dan memenuhi kebutuhan mahasiswa jurusan Ahwal al-Syaksiyah karena mereka memerlukan silabus dengan tujuan khusus yang memungkinkan mereka dapat memahami dan menggunakan bahasa Inggris yang berhubungan dengan bidang yang mereka pelajari. Atas dasar permasalahan yang telah dikemukakan, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah silabus yang dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa jurusan Ahwal al-Syaksiyah sehingga pengajaran yang dilakukan lebih efektif dan hasilnya bisa lebih maksimal. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan sebelumnya, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk silabus pengajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa Jurusan Ahwal al-Syaksiyah Fakultas Syari’ah IAIN Mataram? Dari hasil pengembangan yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya, ada beberapa kajian yang dapat dikemukakan tentang produk yang telah direvisi dalam penelitian ini. 1. Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan silabus pengajaran Bahasa Inggris untuk mahasiswa Jurusan Ahwal al-Syaksiyah Fakuktas Syariah IAIN Mataram yang dimaksudkan untuk memberikan alternatif dalam memecahkan masalah pembelajaran Bahasa Inggris yang ada di jurusan tersebut. Pengembangan silabus dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Richard (2001) yang dimulai dari pelaksanaan survei dan diakhiri dengan validasi ahli dan ujicoba dengan menggunakan prosedur tertentu. Silabus yang dikembangkan adalah silabus terpadu integrated syllabus) yang memuat ketrampilan membaca dan penguasaan tata bahasa. 1. Silabus dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan dan minat mahasiswa Jurusan Ahwal al-Syaksiyah Fakultas Syariah IAIN Mataram, sehingga silabus yang dihasilkan dianggap mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa. 2. Silabus yang dikembangkan dalam penelitian ini disesuaikan dengan bidang ilmu yang ditekuni oleh mahasiswa yakni Ahwal al-Syaksiyah. 3. Silabus yang dikembangkan memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kekurangan yang dtemukan sudah direvisi berdasrka, evaluasi, komentar dan saran dalam proses validasi dan ujicoba.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: bahasa inggris; mahasiswa; jurusan Ahwal al-Syaksiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130207 LOTE, ESL and TESOL Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:22
Last Modified: 08 Feb 2022 07:22
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item