Arifin, Syamsul (2021) Pendidikan politik ala Nabi; telaah nilai humanisme dalam peristiwa politik hudaibiyah. Sanabil, Mataram.

[img] Text (Buku)
FTK-PIAUD-Nur Hayati M.Buku.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Buku yang berjudul ”Pendidikan Politik Ala Nabi: Telaah Nilai Humanisme dalam Peristiwa Politik Hudaibiyah” ini erupakan hasil penelitian kepustakaan. Secara umum, buku ini mendeskripsikan pemikiran dan tindakan politik Nabi , sebagai individu yang memiliki dua status, sebagai Rasul Allah sekaligus sebagai negarawan dimana kedua status ini saling mempengaruhi satu dengan lainnya. Kenegarawananya sebagai instrumen untuk membumikan misi kerasulannya. Di sini, tindakan politik Nabi merupakan implementasi akhlak politik Islam yang bertujuan meng-universal-kan nilai-nilai Islam. Pada tataran ideal, politik dipandang sebagai profesi yang paling mulia di antara semua profesi yang ada, bahkan posisinya satu tingkat di bawah kenabian. Alasannya, ia mengatur semua profesi dan menjadi instrumen bagi misi nubuwah. Namun, kenyataan seringkali politik menampilkan nilai-nilai kebalikanya, penuh intrik-intrik kotor, inskonsisten, cenderung mengggunakan segala cara yang bertentangan dengan nilai ideal, seolah-olah sah menumbalkan individu atau bahkan kelompok demi meraih dan mempertahankan kekuasaan. Manusia dan kemanusiaan tak jarang menjadi alat bahkan korbannya. Pemikiran politik Machiavelli hampir dimplementasikan di wilayah praksis secara sempurna. Terjadinya degradasi moral dalam dunia politik ini disebabkan banyak hal. Satu di antaranya adalah terbatas informasi pendidikan politik kebangsaan dan pendidikan politik moral di tengah-tengah menguatnya pendidikan politik praktis-pragmatis yang berbasis pada paradigma kapitalisme. Buku ini hadir dalam rangka memenuhi kebutuhan pendidikan politik moral-kebangsaan. Sesuai dengan judulnya, buku ini mencoba membeber kembali bukti-bukti histros tentang pemikiran dan tindakan politik Nabi yang secara keseluruhan merupakan pendidikan politik yang berbasis pada nilai-nilai humanisme. Pendidikan politik yang santun secara substantif jauh dari pencitraan. Pesan kemanusiaanya sangat kuat. Alih-alih mencoba menyakiti jiwa dan melukai tubuh lawan politik dan merusak budaya mereka, Nabi Justru mengangkat derajat mereka, memelihara budayanya dan memberikan kebebasan kepada mereka agar tetap eksis. Bahkan Nabi rela statusnya sebagai Rasul dan kalimat tauhid dihapus dalam lembaran dokumen resmi perjanjian hanya demi menghormati lawan politiknya. Nilai humanisme yang terpancar dalam pemikiran dan tindakan politik Nabi ini berbuah secara spektakuler terbentuknya tata kehidupan masyarakat Arab yang beradab dan berperadaban, menjungjung tinggi harkat dan martabat manusia dan nilai-nilai kemanusiaan. Dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, buku ini menarik untuk dibaca oleh siapa saja, terutama bagi orang-orang yang tertarik pada pendidikan politik moral. Beberapa kesimpulan sebagai berikut: A.1. Peristiwa politik Hudaibiyah menjadi panggung bagi Nabi Muhammad untuk memperlihatkan pendidikan politik yang sarat dengan nilai-nilai humanisme, seperti perlindungan harkat dan martabat, serta jiwa-raga manusia, persaudaraan, kebersamaan, kedamaian, kejujuran, menjaga kehormatan lawan politik dan setia dengan perjanjian yang dibangun dengan lawan politiknya. 2. Pasal-pasal Perjanjian Hudaibiyah --yang pada awalnya dinilai kontraversial dan banyak merugikan Islam dan umat Islam--merupakan bentuk pemikiran-pemikiran politik Nabi Muhammad yang berpijak kokoh di atas nilai-nilai humanisme, kedamaian, persaudaraan, kebebasan, husnu dzan (berbaik sangka), menghormati nilai bersama atau budaya leluhur dan menampilkan Islam moderat. B. 1. Perjanjian Hudaibiyah yang penuh pemikiran politik Nabi Muhammad telah berdampak besar terhadap penyebaran Islam sebagai agama. 2. Peristiwa politik Hudaibiyah juga mempunyai dampak yang sangat besar terhadap Islam sebagai politik.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pendidikan; humanisme; penrjanjian politik; hudaibiyah; ekonomi;
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1606 Political Science > 160609 Political Theory and Political Philosophy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:30
Last Modified: 11 Mar 2022 03:36
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item View Item