Ariawan, Soni (2021) Desain penelitian teks. In: Metodologi Penelitian Pendidikan. Tahta Media Group, Klaten, pp. 155-174. ISBN 978-623-6436-05-9 (Unpublished)

[img] Text (Book Section)
Book chapter_Metopen.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Mengulang apa yang dikatakan oleh Dukenshire dan Jennifer Thurlow dalam (Sugiyono, 2019) bahwa penelitian merupakan cara yang sistematis dalam mengumpulkan data serta menampilkan hasilnya. Dalam rangka mengumpulkan, menganalisis dan memberikan interpretasi data sehingga berkaitan dengan tujuan penelitian, maka dibutuhkan sebuah cara atau kegiatan dalam proses tersebut yang disebut dengan metode penelitian (Creswell, 2014). Dengan metode penelitian inilah semua tujuan penelitian akan tercapai. Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa metode penelitian harus sesuai dengan kaidah penelitian yang ilmiah, rasional dan empiris sehingga mengantarkan peneliti pada hasil yang sesuai dengan rumusan penelitian dan mencapai tujuan penelitian tersebut. Data yang dihasilkan juga bersifat valid, reliable dan objektif. Menurut Sugiyono (2019), valid berarti derajat ketepatan antara data yang sesungguhnya dan data yang dilaporkan dalam penelitian tersebut. Sementara itu, reliable berkaitan dengan derajat konsistensi dalam skala waktu tertentu, dan objektif berhubungan dengan kesepakatan banyak orang dimana semakin banyak orang yang member informasi atau hasil yang sama maka data tersebut semakin objektif. Demikian dengan sebaliknya.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: penelitian teks; desain penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Soni Ariawan
Date Deposited: 12 Mar 2022 09:53
Last Modified: 12 Mar 2022 09:53
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item