Mareta, Mira (2020) Psikologi Pendidikan. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-317-027-7

[img] Text
Text.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Buku Ajar Psikologi Pendidikan ini memuat tentang konsep dasar psikologi pendidikan dan hubungannya dengan peran dan tugas seorang pendidik. Selanjutnya, penulis mengurai tentang hakikat peserta didik sebagai individu melalui pembahasan tentang motivasi dan dinamika perilaku manusia, perkembangan dan tugas perkembangan, serta perbedaan individual dalam kecakapan dan kepribadian serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Setelah mengetahui bagaimana dinamika perilaku peserta didik terbentuk, selanjutnya penulis mendeskripsikan tentang perbedaan individual pada peserta didik dengan mendeskripsikan aspek-aspek perkembangan serta tugas-tugas perkembangan pada setiap periode keidupan. Diharapkan dengan mengetahui perkembangan peserta didik dapat mengantarkan pendidikan mencapai tujuannya, yaitu mengembangkan potensi manusia seutuhnya. Pada bab berikutnya, penulis mengajak mahasiswa untuk memahami gejala-gejala peserta didik sebagai manifestasi interaksi potensinya dengan alam lingkungannya, sehingga mahasiswa penting memahami konsep dasar belajar mengajar, dasar-dasar perumusan tujuan dan evaluasi belajar-mengajar, dasar-dasar strategi belajarmengajar, termasuk pembahasan tentang kemandirian belajar (Self Regulated Learning ) dan pengaruh budaya dalam pengembangan keterampilan metakognisi. Penulis juga menyisipkan model interaksi edukatif yang dapat dibangun dalam proses belajar mengajar dalam konteks pembelajaran daring yang mengedepankan aspek-aspek psikologis anak, guru, dan orang tua. Sebagai bagian akhir, Sesungguhnya dalam menjalankan tugas perkembangannya ada peserta didik yang mengalami hambatan perkembangan dan membutuhkan layanan khusus, oleh karena itu penulis menyertakan pembahasan tentang kreativitas, keberbakatan, dan Layanan Pendidikan Anak Berbakat. Penulis menguraikan konsep dasar bimbingan belajar, termasuk dalam mendiagnosis kesulitan belajar serta bagaimana menuntaskannya. Penulis juga menambahkan pembahasan bagaimana peran orang tua sangat berpengaruh pada keberhasilan anak dalam pendidikan. Pola asuh yang terbentuk dalam keluarga akan mempengaruhi prestasi belajar anak. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram yang telah memfasilitiasi terbitnya buku ini. Tak lupa juga penulis sampaikan terima kasih kepada kolega di Program studi PAI atas support systemnya. Dalam penyusunan buku ajar ini penulis menyadari nasih banyak kekurangan. Harapan penulis Buku Ajar ini mendapatkan sumbangan pemikiran yang konstruktif pembaca untuk penyempurnaannya. Penulis berharap dengan Buku Ajar Psikologi Pendidikan ini dapat bermanfaat dan mampu memotivasi mahasiswa untuk tertarik dalam mendalami psikologi pendidikan lebih lanjut.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: psikologi pendidikan; kompetensi pendidik; prilaku belajar
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 25 Jan 2021 07:27
Last Modified: 04 Feb 2021 02:20
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item