Arifin, Syamsul (2014) Internalisasi nilai toleransi melalui pembelajaran bahasa Arab di fakultas tarbiyah UIN Mataram. Jurnal Penelitian Keislaman, 10 (1). pp. 39-52. ISSN P-ISSN 1829-6491, E-ISSN 2580-9652

[img] Text (Artikel Jurnal)
Internalisasi nilai toleransi.pdf - Published Version

Download (10MB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/iss...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA fenomena munculnya konflik di tengah masyarakat meneguhkan pentingnya toleransisebagai nilai dasar yang saat ini sangat dibutuhkan untuk membangun dan memperkokoh kohesi sosial. Dalam kajian ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif yang dimasudkan untuk memperoleh data-data tentangproses internalisasinilai toleransi dalam pembelajaranbahasa Arabdi Fakultas TarbiyahIAIN Mataram. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa secara teoretis internalisasi nilai, termasuk nilai toleransi dalam pembelajaran mata kuliah apa pun, lebih-lebih pembelajaran bahasa Arab adalah sesuatu yang bersifat niscaya. Namun, keniscayaan itu dapat menipis dan mengecil berbarengan dengan tingkat perlakuan yang didasari persepsi terhadap suatu mata kuliah. Hal ini disebabkan oleh beberapa kendala serius, diantaranya: pertama, tidak semua dosen mempunyai pandangan filosofis yang tepat mengenai hakekat mata kuliah, termasuk mata kuliah Bahasa Arab dalam perspektif pendidikan nilai; kedua, tidak semua dosen pengampu Bahasa Arab mempunyai skill yang memadai dalam memanfaatkan berbagai kelebihan bahasa tersebut, khususnyauntuk kepentingan internalisasi nilai toleransi; ketiga, al-Qur’anyang sarat nilai toleransi dan nota-bene berbahasa Arab tidak dimanfaatkan secara maksimal sebagai bahan dan sumber belajar bahasa Arab, khusus dalam bidang كتبثخdan قشاءح; keempat, Pembelajaran bahasa Arab berazaskan subject matterorientedsesuatu yang tak terhindarkan dalam sistem pendidikan kognitifistik. Sehingga semua faktor ini membuat beberapa dosen bahasa Arab tidak memiliki dorongan yang kuat dan atau kesulitan untuk mengeksplorasi nilai bersemayan dibalik semua unsur pendidikan. ENGLISH a pheneomenon of the emergence of conflict within the society confirms the importance of tolerance as the basic values to build and strengthen social cohesivness. In this study, qualitative research approach is applied in order to obtain data about a process of internalizing tlorence values through arabic learning in faculty of Trabiyah IAIN Mataram. Based on this research, theoretical values internalizing in every subjects, especially arabic is a relativeness. However, such relativeness will decrease and become smaller corresponding with perception of subjects upon which the treatment is conducted. It happened due to some serious predicaments; the first is some of lectures do not have a right philosophy about the nature of the subjects, in which arabic is should be perceived withi which values education perspective should be incorporated; the second is not all of arabic lectures posessqualified skill in order to comprehend the pre-eminence of Arabic language in order to internalizing values of tollerance; the third is Quran which full of tolerance values and written in Arabic is not applied as the sources for learning arabic especiallyin كتابةand قراءة; the fourth is arabic learning based on subject matteroriented cannot be avoided in cognitivistic learning system. Therefore some Arabic lectures do not have motivation and/or difficulties to explore values beyond all education elements.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: toleransi; multikultural; pembelajaran; bahasa arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 13 Mar 2022 07:34
Last Modified: 13 Mar 2022 07:34
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item