Masruri, Masruri (2020) Konsep khudi iqbal dalam pengembangan kreatifitas pembelajaran di madrasah. Jurnal Penelitian Keislaman, 16 (1). pp. 46-59. ISSN P-ISSN 1829-6491, E-ISSN 2580-9652

[img] Text (Artikel Jurnal)
Konsep Khudi Iqbal dalam Pengembangan Kreatifitas.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (909kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/art...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Tujuan kajian ini adalah untuk mengontekstualisasikan konsep Khudi dari seorang Muhammad Iqbal dalam pengembangan kreatifitas pembelajaran di Madrasah. peneliti akan mencoba mengawali menelaah biografi dan sejarah pendidikan yang didapat Muhammad Iqbal, konsep Khudi serta pengembangan konsep Khudi tersebut dalam pembelajaran di Madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka (library research). Studi kepustakaan adalah tekhnik pengumpulan dataddengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di madrasah hendaknya mengutamakan kepribadian dengan mewujudkan keseimbanagn berupa kebahagiaan lahiriah dan batiniah. Muhammad Iqbal (1877-1938) menjadi tokoh sentral dengan berbagai gagasannya sebagai seorang tokoh pemikir dan pembaharu dapat menjadi motor penggerak bagi para pendidik dalam melaksanakan proses pendidikan di madrasah. Dengan gagasan Khudi-nya, Iqbal memberikan gambaran kepada pendidik di madrasah agar saling melengkapi dan mampu berdialog tidak hanya antara pelaku pendidikan saja melainkan dapat berdialog dengan Tuhan. Hal ini dapat tercapai apabila seorang pendidik dapat mencapai derajat Khudi yang tinggi. Hal ini dapat menjadi pemecah kebuntuan pendidik tatkala menghadapi berbagai macam permasalahan yang timbul dalam menghadapi proses pembelajaran. ENGLISH The purpose of this study is to contextualize the Khudi concept of a Muhammad Iqbal in developing learning creativity in Madrasas. The researcher will try to start studying the biography and educational history obtained by Muhammad Iqbal, the Khudi concept and the development of the Khudi concept in learning in Madrasas. The research method used is the library study method. Literature study is a data collection technique by conducting a study of books, literature, notes and reports that are related to the problem being solved. This type of research is a qualitative descriptive study. The results showed that the learning process in madrasas should prioritize personality by manifesting balance in the form of physical and inner happiness. Muhammad Iqbal (1877-1938) had became a central figure with his various ideas as a thinker and reformer figure can be a driving force for educators in implementing the education process in madrasas. With his Khudi ideas, Iqbal had given an overview to educators in madrasas so that they are mutually complementary and able to be dialogue not only among education practitioners but also in dialogue with God. This can be achieved if an educator can achieve a high degree of gambling. This can be a deadlock for educators when facing various kinds of problems that arise in dealing with the learning process

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: konsep khudi; kreatifitas pembelajaran; madrasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:48
Last Modified: 21 Mar 2022 07:48
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item View Item