Mustafa, Pinton Setya (2021) Pembelajaran pendidikan olahraga berbasis blended learning untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6 (1). pp. 133-144. ISSN 2541-5042

[img] Text (Artikel Jurnal)
Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended SMA - Ndaru, Pinton 1222-Article Text-3589-1-10-20210415.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (440kB)
Official URL: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Pembelajaran merupakan proses transformasi pengetahuan yang melibatkan interaksi antara pebelajar dengan guru atau pebelajar dengan sumber belajar secara langsung. Teknologi yang semakin canggih membuat pembelajaran tidak hanya bertatap muka dengan guru dan guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar melainkan dapat melalui media cetak, audio, video, audio-video dan computer yang dikenal sebagai e-learning bahkan dapat menggunakan perangkat handphone (m-learning). Tujuan dari artikel ini adalah untuk membahas pembelajaran pendidikan olahraga berbasis blended learning dalam jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan, yaitu mencari sumber referensi yang relevan untuk dikaji secara konseptual. Hasil dari pengkajian menunjukkan bahwa dengan blended learning memungkinkan pembelajaran menjadi lebih profesional untuk menangani kebutuhan belajar dengan cara yang paling efektif, efisien, dan memiliki daya tarik yang tinggi. Pemberlakuan pembelajaran berbasis blended learning pada pendidikan olahraga sangatlah membantu bagi guru pendidikan olahraga dalam penyampaian materi maupun peragaan suatu gerakan kepada peserta didik. Keuntungan yang diperoleh dengan manfaat pembelajaran berbasis blended bagi lembaga pendidikan atau pelatihan adalah memperluas jangkauan pembelajaran/pelatihan, kemudahan implementasi, efisiensi biaya, hasil yang optimal, menyesuaikan berbagai kebutuhan pebelajar, dan meningkatkan daya tarik pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; blended learning; pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pinton Setya Mustafa M.Pd
Date Deposited: 27 Jun 2022 09:34
Last Modified: 27 Jun 2022 09:34
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1302

Actions (login required)

View Item View Item