Mustafa, Pinton Setya (2022) Kajian review: pengembangan instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8 (1). pp. 31-49. ISSN 2580-6335

[img] Text (Artikel Jurnal)
Kajian Review Pengembangan Instrumen Penilaian - Pinton Text-4580-1-10-20220211.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (678kB)

Abstract

INDONESIA Penilaian adalah pengumpulan informasi dari hasil belajar peserta didik. Secara umum penilaian hasil belajar dibagi menjadi tiga aspek, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penilaian yang digunakan guru sangat beragam sesuai kondisi lapangan yang dirasakan oleh guru tersebut. Tujuan dari artikel ini adalah mendiskusikan tentang pengembangan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan kajian review tentang “pengembangan instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan” dengan menggunakan pendekatan kajian kepustakaan. Analisis data yang digunakan melalui pendekatan kualitatif menggunakan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari review kepustakaan ini menunjukkan bahwa penilaian sikap adalah nilai dari budi pekerti peserta didik baik secara individu maupun sosial selama mengikuti pelajaran di sekolah yang dikembangkan sesuai dengan komponen yang ingin diukur melalui non-tes. Selanjutnya penilaian pengetahuan merupakan hasil nilai kompetensi peserta didik dalam menggunakan akal pikiran dalam menyerap materi yang diajarkan oleh guru dengan alat ukur berupa tes. Kemudian penilaian keterampilan dapat diartikan nilai yang diperoleh dari unjuk kerja, baik berbasis proses maupun produk, dalam pendidikan jasmani biasanya hasil kemampuan gerakan olahraga dengan rubrik penilaian tes yang valid dan reliabel. Kesimpulan dari kajian review yaitu dalam mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran, syarat utamanya minimal adalah valid, reliabel, dan objektif. Dengan instrumen yang baik, maka nilai yang diperoleh peserta didik mencerminkan kemampuan mereka yang sesungguhnya, sehingga mudah untuk memberikan tindak lanjut maupun umpan baik setelah pembelajaran. ENGLISH Assessment is the collection of information from student learning outcomes. In general, the assessment of learning outcomes is divided into three aspects, namely: attitudes, knowledge, and skills. The assessment instruments used by the teacher vary according to the field conditions felt by the teacher. The purpose of this article is to discuss the development of assessment of attitudes, knowledge, and skills in physical education. This research is a review study on “Development of an attitude, knowledge and skill assessment instrument” using a literature review approach. Analysis of the data used through a qualitative approach using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this literature review indicate that attitude assessment is the value of the character of students both individually and socially during lessons at school which is developed according to the components you want to measure through non-tests. Furthermore, the assessment of knowledge is the result of the competence value of students in using their minds in absorbing the material taught by the teacher with a measuring instrument in the form of a test. Then the skill assessment can be interpreted as the value obtained from performance, both process-based and product-based, in physical education usually the result of sports movement ability with a valid and reliable test assessment rubric. The conclusion from the review study is that in developing learning assessment instruments, the main requirements are at least valid, reliable, and objective. With a good instrument, the value obtained by students reflects their true abilities, making it easy to provide follow-up and good feedback after learning.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian; keterampilan; pendidikan jasmani; pengetahuan; sikap
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pinton Setya Mustafa M.Pd
Date Deposited: 27 Jun 2022 10:22
Last Modified: 27 Jun 2022 10:22
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item View Item