Hamim, Khairul, ed. (2022) Islamic education reform perspektif insider-outsider islamic education reform perspektif insider. Zahir Publishing, Yogyakarta. ISBN 978-623-466-025-8
![]() |
Text (Buku)
ISLAMIC EDUCATION REFORM PERSPEKTIF INSIDER-OUTSIDER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Semula kami tidak bermaksud untuk menerbitkan tulisan ini, karena pertimbangan kelayakan. Namun, beberapa saran dari teman sejawat, agar tulisan ini untuk diterbitkan. Paling tidak tulisan ini dapat dijadikan sebagai arsip pribadi untuk melengkapi koleksi buku Pendidikan sehingga dapat dibaca oleh generasi selanjutnya. Buku yang berjudul Islamic Education Reform Perspektif Insider Outsider Meretas Wacana Pendidikan Islam di Era Kontemporer. Merupakan kumpulan tugas kuliah S3 di UIN Mataram dan artikel yang sudah di muat di beberapa jurnal. Paradigma pendidikan Islam bertumpu pada teks, mengesampingkan realitas, rasionalitas, empirisme dan teknologi. Akibat selanjutnya masyarakat menjadi kehilangan aspek yang paling fundamental dalam menata kehidupan sosial di dalam kehidupannya yaitu aspek sensitifitas sosial, dan lingkungan sekelilingnya. Paradigma Pendidikan Islam dewasa ini mesti diarahkan pada proses pembentukan jati diri manusia agar sesuai dengan fitrah keberadaannya dan dunia (semesta). Artinya, Pendidikan Islam bukan hanya pada orientasi pembentukan karakter dalam diri (framework agama), namun juga psikologi sosial untuk mengembangkan diri dan potensi yang dimilikinya. Tentu, hal demikian dapat ditempuh dengan Pendidikan yang melakukan perimbangan (balancing) antara disiplin ilmu agama dan pengembangan intelektualitas dalam kurikulum Pendidikan non-agama, serta melakukan pengembangan kurikulum/ keilmuan sesuai dengan bacaan perkembangan zaman, bukan bacaan yang hanya bertumpu pada turats masa lalu. oleh karena itu perlu pergeseran paradigma pengembangan pendidikan Islam untuk membangun Kesadaran Filosofis Kehidupan Modern, Reformasi Orientasi Pendidikan untuk membangun pendidikan Islam yang berorientasi pada Pengetahuan (Knowledge), Nilai (Value), Keterampilan (Skill), Sikap/Perilaku (Attitude), Spiritualitas (Spirituality dan Sensitifitas lingkungan. Berdasarkan hal tersebut buku ini hadir dengan wacana pendidikan Islam kontemporer dalam perspektif Insider dan outsider. Mulai dari wacana pendidikan multikulturalisme, pendidikan berbasis lingkungan (ekoteolog), kontestasi pendidikan islam, neourosains dalam kajian islam, sampai pada spritualitas dan problematika pendidikan
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | islamic education; nerosains; pendidikan tinggi Islam; ekopedagogi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | mrs Nuraeni S.IPi |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:13 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |