Fakhri, Moh. (2019) Pengaruh permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan jamak anak usia dini pada PAUD di kota Mataram. As- Sibyan Jurnal Pendidikan Anak usia Dini, 4 (2). pp. 87-102. ISSN 2541-5549

[img] Text
Text.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (557kB)
[img] Text (Peer Review)
PR Pengaruh permainan tradisional.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (565kB)
Official URL: http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assiby...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan jamak anak usia dini Bermain itu menyenangkan, belajar melalui permainan memungkinkan seorang anak untuk belajar dengan cara alami, dimana kegembiraan menimbulkan semangat optimal,. Belajar tidak harus dilakukan dengan serius dan di dalam ruangan, dengan konsentrasi penuh, tetapi bisa dilakukan dengan cara bermain disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangan, kemampuan dan prilaku anak. Karena anak-anak akan bermain dengan cara yang paling sesuai untuk hal-hal yang harus mereka pelajari Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 25 Anak-anak usia dini dengan dua permainan tradisional yaitu long-long Se dan permainan congklak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan jamak siswa anak usia dini. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis data penelitian dengan menggunakan uji t yang terdapat pada uji regresi sederhana diperoleh nilai thitung = 3,755 sedangkan ttable = 2,069 pada taraf signifikasi α=0,05 dengan dk=23 karena diperoleh (thitung > ttabel).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: permainan tradisional; kecerdasan jamak; anak usia dini
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170108 Sasak, Samawa, or Mbojo Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:21
Last Modified: 24 Nov 2021 00:59
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item