Jamiluddin, Jamiluddin (2017) Sistem pendidikan pesantren dalam penguatan kualifikasi Abituren MDQH Al-Majidiyah Asy-Syafi'iyah Nahdlatul Wathan Pancor. Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, 6 (1). pp. 27-46. ISSN (E) 2579-5287 dan (P) 2337-3741

[img] Text (Artikel Jurnal)
SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DALAM PENGUATAN KUALIFIKASI ABITUREN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (458kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemat...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi 3 elemen sistem pendidikan pesantren dalam penguatan kualifikasi abituren MDQH Al-Majidiyah Asy Syafi'iyah Nahdlatul Wathan Pancor. Untuk hal tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan kunci yang ditentukan adalah TGH. Muhammad Yusuf Ma‟mun selaku Amir MDQH. Melalui penelitian tersebut didapatkan informasi hasil penelitian bahwa: (1) Pemberdayaan kurikulum sebagai salah satu elemen utama sistem pendidikan pesanteren berperan efektif dalam penguatan kualifikasi abituren MDQH, (2) Pemberdayaan ustadz/ustadzah sebagai salah satu elemen utama sistem pendidikan pesanteren berperan strategis dan penting dalam penguatan kualifikasi abituren MDQH, (3) Pemberdayaan pemondokan sebagai salah satu elemen utama sistem pendidikan pesanteren berperan strategis dan penting dalam penguatan kualifikasi abituren MDQH. ENGLISH This article aims to unveil the three elements of education system in a Pesantren (Islamic boarding school), MDQH Al-Majidiyah Asy-Syafi'iyah Nahdlatul Wathan Pancor, which contribute to the empowerment of the qualification of its graduates. This qualitative research collected the data through interviews, observations, and documentations, in which the key informant was TGH. Muhammad Yusuf Ma‟mun as the chair of MDQH. The empirical findings unveiled that (1) the curriculum, teachers, and boarding school empowerments were found to be the three primary building blocks of the education system in the Islamic school that play effective and strategic roles in empowering the qualification of its graduates

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem pendidikan; pesantren; penguatan kualifikasi; abituren MDQH Al-Majidiyah Asy-Syafi'iyah Nahdlatul Wathan Pancor.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:00
Last Modified: 25 Aug 2022 03:00
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item