Hajaroh, Siti (2016) Perbandingan reliabilitas butir soal bahasa arab antara pilihan ganda dengan menjodohkan pada tes buatan guru. El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 10 (2). pp. 157-178. ISSN (e) 2527-4651 dan (p) 2086-3594

[img] Text (Artikel Jurnal)
Perbandingan Reliabilitas Butir Soal Bahasa Arab Antara Pilihan Ganda dengan Menjodohkan pada Tes Buatan Guru.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (382kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elhikma...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Artikel ini mengemukakan perbedaan reliabilitas butir tes pilihan ganda dengan menjodohkan pada tes buatan guru Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi eksperimen. Sampel penelitian 200 santri yang diambil dengan teknik acak sederhana dari populasi 223 santri kelas I di Pondok Pesantren Walisongo Ngabar Ponorogo Jawa Timur tahun akademik 2009/2010. Teknik analisis data meliputi: pengujian persyaratan normalitas dengan Uji Liliefors, homogenitas varian dengan Uji fisher, serta pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesisi diperoleh untuk α 0,05, dk 10 - 1 = 9 adalah 2,262 sedangkan nilai thitung = 1,368. Kriteria pengujian dua pihak apabila –ta/2<thitung<ta/2 maka H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga -2,262 <thitung < 2,262, artinya H0 diterima dan menegaskan bahwa tidak terdapat perbedaan koefisien reliabilitas butir antara tes bentuk pilihan ganda dengan tes menjodohkan (matching test) pada mata pelajaran Bahasa Arab santri kelas I di Pondok Pesantren Walisongo Ngabar Ponorogo

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: perbandingan; reliabilities; pilihan ganda; menjodohkan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Kimia
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:19
Last Modified: 29 Aug 2022 02:19
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1542

Actions (login required)

View Item View Item