Fitriani, Mohamad Iwan (2018) Internalisasi pendidikan karakter melalui program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa. Elmidad: Jurnal PGMI Universitas Islam Negeri Mataram, 10 (1). pp. 75-97. ISSN (p) 2087-8389

[img] Text (Artikel Jurnal)
INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM IMTAQ DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (901kB)
[img] Text (Hasil Plagiasi)
NTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) wujud nilai karakter yang diinternalisasikan melalui program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa (2) strategi pendidikan karakter melalui program imtaq dan (3) implikasi internalisasi pendidikan karakter melalui program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian siswa MI Nurul Qur’an Pagutan Kota Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mencakup data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclution drawing/verification (penarikan kesimpulan). Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan (1) wujud nilai karakter yang diinternalisasikan melalui program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa berupa nilai religius, toleransi, disiplin, cinta tanah air, mandiri, peduli lingkungan, tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan cinta damai, (2) strategi yang digunakan melalui program imtaq adalah strategi keteladanan, teguran atau pengarahan, pengkondisian lingkungan, dan pembiasaan atau kegiatan rutin, (3) implikasi program imtaq terlihat dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh siswa seperti : dzikiran, shalat dhuha, pembacaan surat yasin, dan hafalan Al-Qur’an (dari segi agama), menjuarai beberapa mata lomba (dari segi prestasi), datang tepat waktu (segi disiplin) serta dari segi akhlak yaitu bersikap sopan dalam berintraksi baik itu dengan guru maupun dengan teman sebayanya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: internalisasi; pendidikan karakter; program imtaq
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 05 Aug 2022 00:27
Last Modified: 13 Jun 2023 07:03
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item