Rasidi, Muhamad Ahyar (2022) Pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar Matematika di Sekolah Dasar. Elmidad: Jurnal PGMI Universitas Islam Negeri Mataram, 14 (1). pp. 1-8. ISSN (p) 2087-8389 (e) 2656-4289

[img] Text (Artikel Jurnal)
PENGARUH SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (996kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Menumbuhkan sikap belajar dapat meningkatkan hasil belajar, karena salah satu keberhasilan siswa dalam menguasai dan memahami pelajaran ditunjukkan dengan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI NW Dasan Agung Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto, yaitu penelitian untuk meneliti peristiwa yang sudah terjadi sebelumnya. Data tentang sikap belajar diambil dengan instrumen berupa angket tertutup. Sedangkan untuk data hasil belajar matematika siswa diambil menggunakan metode dokumentasi yaitu nilai Ujian Akhir Semester Ganjil. Instrumen yang digunakan telah teruji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang diguakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment, uji signitifikan dan koefisien determinan. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji linieritas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa r = 0,745 (sangat cukup). Hal ini dilihat dari thitung = 4,745 > ttabel 2,042, dengan koefisien determinal (KD) sebesar 52,27 % dan sisanya 48,73% ditentukan oleh variabel lain. Persamaan regriasi = 128,443+0,320.X artinya jika terjadi peningkatan sikap siswa 1 maka akan terjadi peningkatan hasil belajar Matematika siswa sebesar 0,320. Artinya tinggi rendahnya kualitas sikap belajar akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sehingga dapat diperoleh kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sikap belajar; hasil belajar; pelajaran matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:24
Last Modified: 30 Aug 2022 01:24
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item