Asriadi, Lalu (2022) Implementasi pembelajaran tematik siswa kelas rendah di MI Yadinu Banok Lombok Timur. Elmidad: Jurnal PGMI Universitas Islam Negeri Mataram, 14 (2). pp. 155-166. ISSN (p) 2087-8389 (e) 2656-4289

[img] Text (Artikel Jurnal)
Implementasi Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Rendah di MI Yadinu Banok Lombok Timur.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (285kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan memperbaiki konsep pendidikan.Diantaranya dengan menerapkan model pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perencanaan, pelaksanaan dan memahami penilaian model pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah :(1), perencanaan model pembelajaran tematik meliputi penyusunan silabus, penyusunan RPP, dan pemetaan kompetensi dasar (2) Pelaksanaan model pembelajaran tematik integratif meliputi: (a) kegiatan awal yang meliputi : berdo’a, menyapa siswa, bernyanyi, memberikan motivasi kepada siswa, bercerita, appersepsi, menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan yang akan dicapai. (b) kegiatan inti, meliputi: pengamatan, siswa menyampaikan hasil pengamatannya, guru menjelaskan materi pembelajaran, pemberian tugas, pembahasan tugas, tanya jawab, dan memberikan bimbingan. (c) kegiatan penutup, meliputi: tanya jawab , menyimpulkan materi, memberikan penilaian dan berdo’a. (3) penilaian model pembelajaran tematiki ntegratifmeliputi (a) Penilaian sikap, yang mencakup observasi, jurnal, penilaian diri, penilaian antar teman.(b) penilaian pengetahuan yang mencakup tes tulis, tes lisan, penugasan, pilihan ganda dan isians ingkat. (c) penilaian keterampilan yang mencakup penilaian kinerja, penilaian produk, penilaian proyek, dan penilaian portopolio

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik; penilaian; perencanaan; pelaksanaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:34
Last Modified: 30 Aug 2022 01:34
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item