Hamim, Khairul, ed. (2022) Islamic education reform perspektif insider-outsider meretas wacana pendidikan Islam di era kontemporer. Zahir Publishing, Yogyakarta. ISBN 978-623-466-025-8

[img] Text (Buku)
Islamic Education Reform Perspektif Insider-Outsider Meretas Wacana Pendidikan Islam di Era Kontemporer.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
Islamic Education Reform Perspektif Insider-Outsider Meretas Wacana Pendidikan Islam di Era Kontemporer.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (489kB)

Abstract

INDONESIA Lontaran kritik yang yang cukup pedas, sering kali ditujukan kepada pola pendidikan Islam modern saat ini, bahwa pendidikan Islam lebih berorientasi pada paradigma teosentrimse dan penguatan ranah kognitif semata. Pola pengembangan pendidikan Islam yang seperti itu, telah memposisikan pendidikan Islam sebagai “menara gading” dan tidak mampu merespon persoalan yang dihadapi oleh Masyarakat. Gagasan Pendidikan Islam yang lebih dekat dengan realitas kehidupan merupakan sebuah keniscayaan, sehingga tidak tercerabut dari realitas sekitarnya. Konstruksi pendidikan Islam yang berbasis pada nilai keislaman kemudian dipadukan dengan teori-teori sosial pendidikan Barat, sehingga melahirkan output yang memiliki pamahaman konsepsi pendidikan Islam secara komprehensif dan kepekaan sosial terhadap realitas lingkungannya. Filsafat positivisme yang dikembangkan pada masa pencerahan di Eropa dapat dijadikan sebagai ilmu bantu pengembangan keilmuan pada pendidikan Islam dewasa ini, sehingga tidak mereduksi substansi manusia sebagai makhluk pembelajar dengan seluruh potensi spritualitas, religiusitas dan sosial yang dimiliki dapat dikembangkan secara maksismal. Paradigma pendidikan Islam bertumpu pada teks, mengesampingkan realitas, rasionalitas, empirisme dan teknologi. Akibat selanjutnya masyarakat menjadi kehilangan aspek yang paling fundamental dalam menata kehidupan sosial di dalam kehidupannya yaitu aspek sensitifitas sosial, dan lingkungan sekelilingnya. Paradigma Pendidikan Islam dewasa ini mesti diarahkan pada proses pembentukan jati diri manusia agar sesuai dengan fitrah keberadaannya dan dunia (semesta), Artinya, Pendidikan Islam bukan hanya pada orientasi pembentukan karakter dalam diri (framework agama), namun juga psikologi sosial untuk mengembangkan diri dan potensi yang dimilikinya. Tentu, hal demikian dapat ditempuh dengan Pendidikan yang: melakukan perimbangan (balancing) antara disiplin ilmu agama dan pengembangan intelektualitas dalam kurikulum Pendidikan non-agama, serta melakukan pengembangan kurikulum/ keilmuan sesuai dengan bacaan perkembangan zaman, bukan bacaan yang hanya bertumpu pada turats masa lalu. Oleh karena itu perlu pergeseran paradigma pengembangan pendidikan Islam untuk membangun Kesadaran Filosofis Kehidupan Modern, Reformasi Orientasi Pendidikan untuk membangun pendidikan Islam yang berorientasi pada Pengetahuan (Knowledge), Nilai (Value), Keterampilan (Skill), Sikap/Perilaku (Attitude), Spiritualitas (Spirituality) dan Sensitifitas lingkungan. Berdasarkan hal tersebut buku ini hadir dengan wacana pendidikan Islam kontemporer dalam perspektif Insider dan outsider. Mulai dari wacana pendidikan multikulturalisme, pendidikan berbasis lingkungan (ekoteologi), kontestasi pendidikan islam, neourosains dalam kajian islam, sampai pada spritualitas dan problematika pendidikan Islam kontemporer

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: islamic education; reform; perspektif insider-outsider; meretas wacana; pendidikan islam; era kontemporer
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Dr Khairul Hamim
Date Deposited: 19 Aug 2022 01:59
Last Modified: 19 Aug 2022 01:59
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item