Syukri, Syukri (2018) Esensi pendidikan karakter dalam perspektif Islam. In: Horizon Ilmu: Dasar-dasar teologis, filosofis, dan model implementasinya dam kurikulum dan tradisi ilmiah UIN mataram. Pustaka Lombok, Lombok, pp. 205-214. ISBN 978-602-5423-07-9

[img] Text (Book Section)
Esensi Pendidikan Karakter.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Wacana pendidikan karakter mencuat tatkala manusia terdidik tidak lagi mencerminkan hasil pendidikannya Tampkanya ada sesuatu yang salah urus dalam lembaga pendidikan mulai sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Salah satu yang salah adalah mengabaikan pendidikan karakter atau pembiasan perilaku yang baik.Realitas di atas mencerminkan lembaga pendidikan tidak lagi nyaman untuk pembiasaan perilaku yang baik, sebab outcomes memiliki kecenderungan perilaku yang kurang baik. Untuk itu, pendidikan karakter perlu mendapat bagian dalam proses pendidikan formal. Tahun 1995, Bill Clinton mewajibkan sekolah Amerika mengajarkan pendidikan karakter, mengajarkan nilai-nilai yang baik, dan menjadi warga negara yang baik.3 Solusi yang ditawarkan sang presiden tersebut hanya menyentuh kognitif pendidikan karakter, bukan perilakunya (psikomotorik), maka hasilnya gagal. Indikasi kegagalan pendidikan karakter tampak pada meningkatnya penggunaan narkoba, kriminal, dan perceraian.4 Kasus yang sama menimpa outcomes pendidikan nasional Indonesia yang mengalami peningkatan perilaku buruk, seperti kasus narkoba, amoral, dan korupsi. Kondisi ini menunjukkan nilai-nilai moral dari para orang terdidik mengalami erosi dan krisis moral yang merusak tujuan mulia dunia pendidikan.bahwa esensi pendidikan karakter dalam tinjauan Islam adalah mendidik manusia Muslim untuk senantiasa beribadah kepada Allah (tawḥīd) dan memiliki akhlak yang mulia. Dua karakter tersebut dapat direkonstruksikan dan diwujudkan dalam kehidupan seseorang melalui pembiasaan yang sangat panjang dan kontinyu. Dan komponen utama yang paling berperan menentukan berhasil atau gagalnya pendidikan karakter dalam Islam adalah kedua orangtua di rumah dan dukungan lembaga pendidikan formal dan non formal keagamaan.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: pendidikan; islam; Ibnu Miskawayh; pendidikan karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:05
Last Modified: 14 Sep 2022 07:05
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1768

Actions (login required)

View Item View Item