Bahtiar, Bahtiar and Maimun, Maimun (2022) Pengaruh model discovery learning melalui kegiatan praktikum IPA terpadu terhadap kemampuan berpikir kritis =siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12 (2). pp. 134-142. ISSN e-ISSN: 2621-9166 & p-ISSN: 2088-0294

[img] Text (Artikel Jurnal)
9. Artikel Terbit di Jurnal Pendidikan MIPA Tamsis Sinta 4 (Nilai-12).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (372kB)
[img] Text (Cek Plagiasi)
Pengaruh Model Discovery Learning Melalui Kegiatan Praktikum IPA.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/v...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model discovery learning melalui kegiatan praktikum IPA terpadu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MTs Hidayatullah Mataram pada kelas VIIIA danVIIIB tahun pelajaran 2021/2022. Jumlah populasi 200 siswa dan sampel 50 siswa, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Jenis penelitian adalah quasi eksperimental design dengan pendekatan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yaitu dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas ekperimen diajarkan dengan model discovery learning dan pada kelas kontrol diajarkan denag model konvensional. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Metode non tes yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi dan metode tes berupa soal keterampilan berpikir kritis. Setelah penelitian, data�data yang diperoleh dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel = 2, 056 dan thitung = 3,492, maka diketahui nilai thitung (2, 056) > ttabel (3,492) dengan dk yang besarnya dk = n1 + n2 : 2 dengan taraf signifikansinya 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabell pada taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa model discovery learning melalui kegiatan praktikum IPA terpadu berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, praktikum; kemampuan berpikir kritis.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika
Depositing User: Bahtiar Simimbora Bahtiar
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:41
Last Modified: 06 Feb 2023 06:41
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item View Item