Ariawan, Soni (2022) Problema supervisi pendidikan. In: Supervisi Pendidikan. CV Azka Pustaka, Pasaman Barat, pp. 185-208. ISBN 978-623-8044-01-6 (Submitted)

[img] Text (Buku)
Problema Supervisi Pendidikan_compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://books.google.co.id/books/about?id=pxSfEAAA...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDFONESIA Dalam teori manajemen secara umum, pengawasan atau controlling merupakan salah satu fase yang sangat penting dalam memastikan berjalannya semua proses sesuai dengan rencana guna menghasilkan output yang berkualitas. Dalam manajemen pendidikan, lebih khusus lagi manajemen sekolah, guru memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan semua proses pendidikan agar berjalan lancar. Selain itu, kepala sekolah juga merupakan bagian dari entitas sekolah yang harus memastikan performa dan kualitas guru sehingga pada situasi demikian dikenal dengan istilah supervisi atau pengawasan. Kepala sekolah melakukan pembinaan dan bimbingan kepada guru dan staf agar penyelenggaraan pendidikan di sekolah berjalan dengan kondusif (Ginting, 2020). Supervisi memiliki peranan yang sangat fundamental dalam melahirkan guru profesional dan menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas. Dalam proses pelaksanaannya, terdapat berbagai problematika baik yang terjadi di internal supervisor atau institusi pendidikan maupun yang bersifat eksternal. Budaya mutu dan orientasi pada kualitas harus menjadi visi bersama dalam mewujudkan supervisi yang berkesinambungan sehingga transformasi pendidikan menjadi lebih cepat dan komprehensif. Pada akhirnya, kolaborasi menjadi kata kunci dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. Sesuai porsi dan tugas pokok serta fungsi masing-masing, kita harus ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pengawas fokus dalam menjalankan supervisi baik manajerial/administrative maupun akademik, guru fokus pada tugas dan fungsinya untuk mendidik, pun demikian dengan stakeholder yang lain

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: supervisi; pengawas; kompetensi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Soni Ariawan
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:34
Last Modified: 20 Dec 2022 07:36
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item