Syamiah, Syamiah, ed. (2022) Prinsip-prinsip menyusun buku ajar bahasa Arab bagi non Arab. CV. Alfa Press, Lombok Barat-NTB. ISBN 978-623-09-0932-0

[img] Text (Buku Referensi)
PRINSIP-PRINSIP BUKU AJAR BAHASA ARAB CETAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Saat ini begitu banyak tema dan jenis buku yang beredar, meski demikian, dari yang bisa diamati, kesan asal jadi, ala kadar, dan keserampangan menghiasi dan mendominasi penulisan buku ajar, terlebih lagi dalam bidang pengajaran Bahasa Arab bagi non-Arab. Hal yang kita temukan adalah banyaknya buku yang beredar namun didominasi oleh cita rasa luar dan asing, dan tidak berdasarkan pada asas-asas objektif dalam penyusunannya. Inilah yang mendorong dan menguatkan tekad kami menyusun buku ini, dimana kami coba menggunakan kacamata ilmu bahasa terapan, merangkainya berdasarkan asas-asas ilmiah yang semestinya terdapat dalam penyusunan buku pengajaran Bahasa Arab bagi nonArab. Tidak diragukan bahwa mengetahui asas-asa tersebut, dan memahami kendala-kendala dalam menyusun buku ajar dapat bermanfaat bagi siapa saja yang berketetapan hati menyusun buku seperti ini, di samping dapat membantu mengevaluasi buku dimaksud secara objektif. Buku yang ada dihadapan anda ini kami bagi menjadi empat pembahasan. Diawal dibicarakan mengenai urgensi buku ajar beserta buku pelengkap lainnya, kemudian pada pembahasan pertama mengenai asas-asas menyusun buku ajar yang dibagi menjadi asas budaya dan sosial, asas psikologi, dan asas bahasa, dan pendidikan, setelah itu disusul pembicaraan mengenai kemahiran berbahasa yang mana dibicarakan mengenai kemahiran mendengar )عامتسلاا ةراهم(, kemahiran berbicara )ملاكلا ةراهم(, kemahiran membaca )ةءارقلا ةراهم(, dan kemahiran menulis )ةباتكلا ةراهم(. Lalu disusul dengan pembicaraan mengenai beberapa faktor keterbacaan dalam menyusun buku ajar bagi non-Arab, dimana di dalamnyadibicarakan mengenai faktor-faktor yang dapat membantu pembaca menemukan apa yang ia inginkan di dalam sebuah buku. Pada pembahasan terakhir dibicarakan mengenai kesulitan dan hambatan yang sering ditemukan dalam menyusun buku Ajar, di mana di dalamnya dibicarakan mengenai kendala dan kesulitan yang menghambat terealisasinya tujuan yang diharapkan dari menyusun sebuah buku ajar.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: prinsip; buku ajar, bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040999 Arabic Linguistics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sudi Yahya Husein, Lc., M.Pd
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:44
Last Modified: 21 Dec 2022 07:31
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item