Hamzan, Hamzan (2022) Pembelajaran IPA berbasis kecakapan abad-21 di Sekolah Dasar. Pustaka Indonesia, Pekalongan Jawa Tengah. ISBN 978-623-88054-2-6

[img] Text (Buku)
BUKU PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KECAKAPAN ABAD 21 DI SEKOLAH DASAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (650kB)

Abstract

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, institusi pendidikan mengemban tugas penting untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas pada masa depan. Guru memegang kunci utama bagi peningkatan mutu SDM masa depan terutama pada bidang pendidikan. Menurut Syaiful Sagala, guru merupakan salah satu faktor penting pada penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas pendidikan berarti juga meningkatkan kualitas guru. Mutu guru bukan hanya ditingkatkan berdasarkan segi kesejahteraannya, namun juga profesionalitasnya. Abad 21 ditandai sebagai abad keterbukaan atau abad globalisasi, dimana kehidupan manusia di abad 21 mengalami perubahan mendasar yang tidak sama dengan cara hidup abad sebelumnya. Dikatakan abad ke-21 merupakan abad yang meminta kualitas pada segala usaha dan hasil kerja manusia. Dengan sendirinya abad ke-21 meminta sumberdaya manusia yang berkualitas, yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga yang dikelola secara profesional sehingga menjadikan hasil unggulan. Salah satu komponen yang mempunyai andil besar dalam menjadikan hasil unggulan merupakan seorang guru. Guru menjadi pelaksana pendidikan yang memegang peranan yang sangat penting dan strategis. Guru dituntut untuk mempunyai kualifikasi profesional. Guru yang profesional tidak hanya perlu menguasai ilmu pengetahuan, bahan ajar, metode pembelajaran, memotivasi siswa, memiliki keterampilan yang tinggi dan wawasan yang luas tentang dunia pendidikan, tetapi juga harus mampu mengembangkan budaya dan iklim yang menjadikan pembelajaran organisasi menjadi daya yang bermakna.kreatif dan dinamis, bersemangat, dia melakukan dialog dan menyenangkan keduanya. Ilmu pengetahuan alam (IPA) mengacu pada pengetahuan yang sistematis tentang alam, sehingga ilmu pengetahuan tidak hanya domain dari tubuh pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau prinsip, tetapi juga merupakan proses penemuan. IPA tidak mungkin bisa berdiri sendiri, karena gejala alam berhubungan satu dengan yang lainnya yang tersusun pada suatu sistem yang saling menjelaskan dan merupakan satu kesatuan yangg utuh. Keterampilan Abad 21 harus ditingkatkan mulai pembelajaran di sekolah dimulai berdasarkan jenjang yang lebih rendah. Pembelajaran IPA pada MI/Sekolah Dasar dirasa tepat untuk mulai mengembangkan atau meningkatkan keterampilan Abad 21. Melalui pembelajaran IPA, siswa dapat memperoleh pengalaman langsung, sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan, dan menerapkan konsep yang sudah dipelajarinya. Dengan demikian, siswa diberdayakan untuk menemukan sendiri konsep yang beragam, yang dipelajari secara menyeluruh (holistik), bermakna, otentik dan aktif.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA; SD/MI; abad 21; alam sekitar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:22
Last Modified: 21 Dec 2022 02:22
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2113

Actions (login required)

View Item View Item