Wathoni, Lalu Muhammad Nurul (2020) Pendidikan islam anak usia dini pendidikan islam dalam menyikapi kontroversi belajar membaca pada anak usia dini. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-7881-69-8
![]() |
Text (Buku)
BUKU REFERENSI=PIAUD Kontroversial Belajar Membaca AUD - Lalu Muhammad Nurul Wathoni.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
![]() |
Text (HAKI)
HAKI_Pendidikan Islam Anak Usia Dini.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
![]() |
Text (Peer Review)
11. Book -Buku Referensi- Pendidikan islam anak usia dini pendidikan islam dalam menyikapi kontroversi belajar membaca pada anak usia dini.docx.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (430kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA Berangkat dari fakta, bahwa terdapat larangan mengajarkan membaca pada jenjang TK (usia dini), serta ancaman penyakit mental hectic jika mengajarkannya, menjadi masalah yang serius, berimbas kepada Pendidikan Islam sebagai satu kesatuan sistemik pendidikan nasional walaupun bersifat normatif. Membaca, merupakan perintah suci Allāh swt, disebutkan al-Qur‘an pada surat al-‘Alaq ayat satu sampai lima. Rumusan masalah penelitian; 1) Bagaimana potensi anak usia dini?, 2) Bagaimana pengenalan membaca untuk anak usia dini dalam pendidikan Islam?, 3) Bagaimana metode pengenalan membaca yang efektif untuk anak usia dini?. Metode penelitian; penelitian pustaka ini menggunakan pendekatan kualitatif Sumber data primer dan data sekunder dari sebagian ahlinya, ditelusuri sesuai dengan bidang keahliannya namun subjektif. Analisis data menggunakan tekhnik induktif, bersifat deskriftif. Sedangkan untuk menangkap maksud/pesan dari teks, digunakan tekhnik content analisis. Hasil penelitian; 1) Anak usia dini memiliki potensi bakat dan kecerdasan yang sangat besar, diantaranya otak dan sebagainya. Ahli syaraf menyebut otak mampu menyerap informasi ribuan, 35.000- 45.000/detik, namun hanya 5 % saja potensi otak yang terpakai, 95 % lainnya terbuang sia-sia karena kurangnya stimulus. Sesungguhnya dengan potensinya itu anak dapat menjadi manusia "pencipta"; 2) Sebagian ulama dan ahli menganjurkan membaca dimulai ketika anak bisa bicara, bahkan ketika masih dalam kandungan, utamanya bacaan al-Qur‘an serta bacaan lainnya. Anak usia dini adalah golden age (usia emas). Kejayaan Islam dan pendidikan Islam identik dengan budaya membaca menulis. Walaupun Nabi sendiri tidak bisa membaca menulis teks, dan kaumnyapun kebanyakan tidak bisa membaca sehingga metode yang dipergunakan adalah Talaqqi (membaca melalui menghafal). Nabi sangat mengapresiasi/menganjurkan membaca, terlihat ketika para tawanan perang Badar, jika ingin dibebaskan harus dapat mengajar 10 anak-anak muslim membaca. Disamping itu kejayaan Islam pada abad II Bani ‘Abbāsiyyah diantaranya karena membaca menulis menjadi tradisi bangsa. Bangsa Andalusia (Spanyol) tak tertandingi oleh bangsa manapun saat itu. Dalam Pendidikan Islam pengenalan membaca sangat penting dan harus dilakukan sejak usia dini 3) Metode membaca yang efektif, metode yang ―memudahkan dan Menyenangkan, berlandasakan hadis, „Mudahkanlah dan jangan kamu persulit. Gembirakanlah dan jangan kamu membuat lari. (HR. Bukhāri).‟ Diataranya metode membaca dalam Bahasa Indonesia yang dianggap efektif yaitu, metode eja (SAS), metode gambar, metode suku kata. Kesemuanya dapat dikemas dengan menarik dan proporsional dapat diintegrasikan dengan metode pendidikan dalam Islam diantaranya, bercerita, dialog, dan sebagainya.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak usia dini; Taman kanak-kanak; membaca; pendidikan islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lalu Wathan M.Pd |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 01:47 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:01 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |