Muhammad, Muhammad and Maimun, Maimun (2021) Keputusan Rektor Universitas Islam Negeri Mataram nomor 2 tahun 2021 tentang Promotor Disertasi Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram semester genap Tahun Akademik 2020/2021. Documentation. Pascasarjana UIN Mataram, Mataram. (Unpublished)

[img] Text (SK Promotor)
SK PROMOTOR 2021 - Dr Maimun (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (48kB)
[img] Text (Sinopsis Disertasi Mahasiswa)
SINOPSIS DISERTASI.docx (1).pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (946kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif penggunaan strategi pembelajaran Problem Based Learning dan penggunaan strategi pembelajaran Direct Learning terhadap hasil belajar Fiqih siswa MA Palapa Nusantara, dan apakah ada perbedaan hasil belajar Fiqih siswa MA Palapa Nusantara yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Direct learning. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen dengan metode penelitian Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Pada kelas Eksperimen, aktivitas mengajar guru berada dalam kategori Baik dan Sangat Baik dan nilai aktivitas belajar siswa dalam persen adalah 90,2 %. Sedangkan pada kelas Kontrol, nilai aktivitas mengajar guru berada dalam kategori Baik dan Sangat Baik dan nilai aktivitas belajar siswa dalam persen adalah 80,8 %. Uji prasyarat menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pada kelas Eksperimen nilai menunjukkan , dimana , dengan derajat kebebasan (dk) = n – 1 = 32 – 1 = 31, = 0,05 dan pada kelas Kontrol Nilai menunjukkan dimana , dengan derajat kebebasan (dk) = n–1= 32 – 1 = 31, = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi atau hasil belajar secara signifikan, sedangkan penggunaan strategi pembelajaran Direct Learning tidak dapat meningkatkan prestasi atau hasil belajar secara signifikan.

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: promotor disertasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 27 Feb 2023 06:51
Last Modified: 09 Mar 2023 08:27
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item