Evendi, Erpin (2020) Evaluasi pembelajaran matematika. CV.Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-317-037-6

[img] Text (Buku Bahan Ajar)
Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Matematika_Erpin evendi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pada prinsipnya proses pembelajaran secara umum selalu dikaitkan dengan hal-hal yang mencakup dengan penilaian, pengukuran, dan evaluasi. Dalam praktiknya sering terjadi interpretasi yang berbeda, oleh karena itu sebagai pendidik/calon pendidik penting mengetahui secara baik dan benar dari istilah-istilah tersebut. Dalam uraian bahan ajar 1 ini, anda dapat mempelajari dengan jelas tentang pengukuran, penilaian, dan evaluasi sampai pada fungsi, tujuan, kedudukan, prosedur dan ruang lingkup evaluasi dalam pembelajaran matematika yang mengacu pada prinsip-prinsip Al-Qur’an dan Sunnah. Terkait dengan tuntutan dan tantangan kehidupan di abad 21, sehingga terjadi penyempurnaan kurikulum 2013 (K-13), menggunakan penilaian authentik dalam mengukur perkembangan belajar atau hasil belajar siswa. Selanjutnya ada proses penyempurnaan dalam penilaian yaitu beroreantasi pada meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS). HOTS harus dimiliki oleh peserta didik dalam rangka mempersiapkan perkembangannya yang mampu memenuhi tantangan dan kebutuhan abad 21 yaitu dengan terbentuknya pribadi yang kreatif, inovatif dan mempunyai daya saing yang tinggi. Pada uraian bahan ajar 2 ini, anda dapat mempelajari dengan jelas tentang apa itu penilaian authentik dengan jenis-jenisnya, termasuk penilaian beroreantasi HOTS, tentang penyusunan soal HOTS dengan tingkatan kognitifnya, karakteristiknya, dan peran soal HOTS. Setelah mempelajari materi-materi tersebut diharapkan anda dapat memahami dengan baik dan benar serta dapat menerapkannya dalam pembelajaran Matematika yang anda lakukan. Secara garis besar alat evaluasi yang dapat digunakan digolongkan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu tes dan non tes dan dinamakan sebagai teknik evaluasi. Tes adalah cara atau prosedur dalam pengukuran dan penilaian dibidang pendidikan yang mempunyai standar obyektif sehingga dapat digunakan secara meluas dalam membandingkan keadaan psikis atau tingkah laku peserta didik. Tahapan dalam penyusunan instrumen tes dimulai dari menyusun spesifikasi tes komponen (SK, KD, uraian materi, bahan kelas, indikator soal, bobot soal) dan memperhatikan kriteria kompetensinya (urgensi, kontinuitas, relevansi,& keterpakaian) baru kemudian menetapkan bentuk tes berdasarkan tujuannya. Pengukuran penilaian hasil belajar menggunakan instrumen non tes untuk mengevaluasi hasil belajar aspek afektif dan keterampilan motorik. Bentuk alat penilaian yang tergolong teknik non-tes antara lain: pengamatan/observasi, wawancara (interview), angket (questionaire), inventori (inventory), daftar cek (check-list), daftar skala bertingkat (rating scale), unjuk kerja, demonstrasi, portofolio, jurnal, penilaian diri, dan penilaian antar teman (penilaian sejawat). Dari uraian tersebut, tampak jelas begitu pentingnya memahami teknik evaluasi yaitu tes dan non tes, untuk jelasnya akan diuraikan dalam kegiatan belajar 3 ini tentang penyusunan instrumen tes dan non tes yang dilengkapi dengan bentuknya pada pembelajaran Matematika. Pembahasan pada bagian sebelumnya, dari bahan ajar 1 sampai dengan bahan ajar 4 membahas mengenai konsep evaluasi dan pembuatan alat evaluasi dengan kriteria kualitasnya. Pada bagian ini (bahan ajar 5) akan dibahas mengenai pengolahan data hasil evaluasi, sebagai tindak lanjut pelaksanaan evaluasi yang dibuat. Pokok-pokok pembicaraan dalam bagian ini meliputi pengertian skor dan nilai, skala pengukuran, acuan penilaian, dan penentuan skor. Pembahasan mengenai hal-hal tersebut di atas berorientasi pada pekerjaan guru matematika disekolah dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: evaluasi; pembelajaran; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Erpin Evendi
Date Deposited: 01 Feb 2021 08:56
Last Modified: 28 Jan 2022 03:47
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item