Asyari, Akhmad (2022) Pengaruh media sosial tiktok terhadap minat belajar siswa MA Miftahul Ishlah Tembelok. ISLAMIKA: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 4 (3). pp. 421-432. ISSN p-ISSN : 2656-5382 and e-ISSN : 2656-0224)

[img] Text (Artikel Jurnal)
Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Minat Belajar Siswa MA Miftahul Ishlah Tembelok.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (565kB)
[img] Text (Sertifikat Akreditasi Sinta)
Islamika-Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Sertifikat).pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (506kB)
[img] Text (Pengaruh media sosial)
PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islami...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Secara audiovisual Tik Tok memiliki keunikan dibandingkan dengan flatform media sosial lainnya. Sehingga tidak jarang memanfaatkannya sebagai media pembelajaran karena selain mengandung unsur menghibur juga dapat menjadi tools pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media sosial TikTok terhadap minat belajar peserta didik di MA Miftahul Ishlah Tembelok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasi atau penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitan populasi dengan jumlah 75 responden. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunan media sosial TikTok untuk peserta didik dalam kategori sedang dengan persentase 59,5%. Untuk minat belajar peserta didik MA Miftahul Ishlah Tembelok, termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 61,9%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa nilai signifikansi yaitu 0,000, sehingga 0,000 < 0,005, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, jadi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara media sosial TikTok dan Minat Belajar peserta didik di MA Miftahul Ishlah Tembelok. Pengaruh media sosial TikTok terhadap Minat Belajar pesrtad didik adalah sebesar 34,0%. ENGLISH udiovisually, Tik Tok is unique compared to other social media platforms. So it is not uncommon to use it as a learning medium because in addition to containing entertaining elements, it can also be a fun learning tool. This study aims to determine whether there is an effect of TikTok social media on students' interest in learning at MA Miftahul Ishlah Tembelok. This research uses correlation quantitative research or correlation research. Data collection techniques in this study were questionnaires, interviews, and documentation. This research is a population research with a total of 75 respondents. Hypothesis testing in this study used a simple linear regression test. Data management in this study uses the SPSS version 21 application. The results of this study indicate that the use of TikTok social media for students is in the medium category with a percentage of 59.5%. For learning interest, students are included in the medium category with a percentage of 61.9%. Based on the results of this study, it can be seen that the significance value is 0.000, so 0.000 <0.005, meaning Ho is rejected and Ha is accepted, so there is a positive and significant influence between TikTok social media and students' interest in learning at MA Miftahul Ishlah Tembelok. The influence of TikTok social media on students' interest in learning is 34.0%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media; tiktok; audiovisuals; learning videos
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Akhmad Asyari, S.Ag., M.Pd.
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:58
Last Modified: 04 Apr 2023 01:55
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item