Fitriani, Mohamad Iwan and Ribahan, Ribahan (2023) Analisis komparasi terhadap prestasi belajar siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9 (1). pp. 44-56. ISSN P-ISSN : 2085-2487; E-ISSN : 2614-3275

[img] Text (Artikel Jurnal)
Analisis komparasi terhadap prestasi belajar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (914kB)
[img] Text (Cek plagiasi)
Analisis Komparasi Terhadap.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Ris...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain causal comparative research. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah dokumentasi nilai raport. Sedangkan, Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan angket/ kuisioner. Hasil analisis data menyatakan bahwa nilai rata-rata siswa yang tinggal di pondok pesantren adalah 84,93 dan santri yang tinggal di rumah adalah 80,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, di mana Ha berbunyi terdapat perbandingan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah. ENGLISH The objective of this research is to determine the difference learning achievement between students who live in Islamic boarding school and students who live at home. The research design used is a causal comparative research design. The research instrument used is the documentation of the value of report cards. Meanwhile, the data collection technique used is the method of documentation, interviews, and questionnaires. The results of data analysis stated that the average score of students living in Islamic boarding schools were 84.93 and students who lived at home were 80.7. Therefore, it can be concluded that Ho (nil hypothesis) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted, because there is a comparison of learning achievement between students who live at Islamic boarding schools with students who live at home

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis komparasi; prestasi belajar; pondok pesantren; rumah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Studi Islam
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:20
Last Modified: 13 Jun 2023 06:42
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2667

Actions (login required)

View Item View Item