Fahrurrozi, Fahrurrozi and Emawati, Emawati and Maimun, Maimun and Nashuddin, Nashuddin and Nuruddin, Nuruddin and Winengan, Winengan and Azhar, Azhar and Fikri, Hamdani Khaerul and Mansyur, Zainudin and Ahyar, Ahyar and Syahri, Akhmad and Wathoni, Lalu Muhammad Nurul and Salahuddin, Muh. and Huda, Miftahul and Tahir, Masnun and Wijaya, Pongky Arie (2019) Horizon ilmu: titik integratif dalam tridarma. Pustaka Lombok, Lombok Barat. ISBN 978-602-5423-11-6
![]() |
Text (Buku)
horizon 2019.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Ijtihad adalah kebutuhan metodologis yang secara ilmiah-alamiah dibutuhkan untuk menjaga ‘status quo’ keilmuan. Kondisi status quo ini adalah kejumudan yang menutup pengembangan keilmuan yang menjelma pada sikap ta’assub (fanatisme) buta. Sikap inilah yang wajib dihindari dalam tradisi akademik, karena fanatisme biasanya sikap yang kontra produktif dalam pengembangan intelektual. Fanatisme adalah sikap taqlid tanpa alasan yang didasari pada logika berpikir yang benar dan rasional. Inilah sikap ilmiah yang dibutuhkan untuk pengembangan lembaga pendidikan tinggi Islam. Merujuk pada sabda Rasulullah, ijtihad adalah mutlak dibutuhkan untuk menjaga kelestarian kehidupan. Teks al-Qur’an hadis adalah acuan yang stagnan, yang akan bermakna jika bersentuhan dan dibunyikan dalam realitas kehidupan. Dalam hal ini, Nabi Muhammad mengisyaratkan dengan kalimat sederhana; antum a’lamu bi umuri dunyakum (kalian lebih mengetahui urusan dunia kalian). Batasannya jelas, ijtihad tidak melampaui batas etisteologis. Di luar itu, ada ruang kebebasan intelektual yang disiapkan Rasulullah bagi setiap orang untuk mengantisipasi perubahan dalam masyarakat. Untuk itu, Rasulullah berpesan, ‘allimu auladakum fa innahum ya’isyuna fi zamanin ghairu zamanikum (persiapkanlah generasimu, karena mereka akan hidup di zaman yang sama sekali berbeda dengan zamanmu).
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ilmu; tridarma; integratif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Sosiologi Agama |
Depositing User: | mrs Nuraeni S.IPi |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 05:58 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 05:58 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |