Fuadi, Abdulloh (2022) Klinik penulisan ilmiah bagi para guru berbasis PAR. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 11 (2). pp. 89-98. ISSN p-ISSN: 2337-3741 | e-ISSN: 2579-5287

[img] Text (Artikel Jurnal)
Klinik penulisan ilmiah bagi para guru berbasis PAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)
[img]
Preview
Image (Sertifikat Akreditasi Jurnal)
Schemata (Sertifikat).jpg - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (289kB) | Preview
[img] Text (cek plagiasi)
Klinik Penulisan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemat...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Kegiatan pelatihan menulis karya ilmiah untuk guru bertujuan untuk meningkatkan pola berpikir tumbuh (growth mindset) mengenai kecakapan menulis, memberikan paparan pada komponen-komponen penulisan dari ide mencari penelitian ke publikasi, meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah berbasis analisis kebutuhan participatory action research di kalangan guru dan stakeholders sekolah, para guru dapat mengembangkan self efficacy dan karirnya dengan menulis, serta menghasilkan draft artikel jurnal ilmiah bagi masing-masing peserta program pengabdian. Kegiatan Klinik Penulisan Ilmiah Bagi Para Guru Berbasis Participatory Action Research ini terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu pelatihan dan pendampingan yang dilakukan secara offline, serta pendampingan lanjutan yang dilakukan secara online. Hal-hal yang dibahas pada pendampingan ini bertumpu pada penjabaran evaluasi kritis dari semua tim coaching clinic terhadap draft artikel jurnal yang telah dibuat oleh peserta. Kegiatan pengabdian berupa Klinik Penulisan Ilmiah Bagi Para Guru Berbasis Participatory Action Research ini diikuti oleh secara seksama oleh para peserta sehingga beberapa peserta mampu menghasilkan draft karya tulisa ilmiah yang layak untuk diterbitkan di jurnal ilmiah, meskipun tentunya masih diperlukan berbagai perbaikan agar lebih sempurna menjadi sebuah artikel ilmiah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelatihan dan Pendampingan, Karya Ilmiah, Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Abdullah Fuadi M.A
Date Deposited: 17 Apr 2023 08:01
Last Modified: 17 Apr 2023 08:01
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2903

Actions (login required)

View Item View Item