Nurhilaliati, Nurhilaliati (2021) Pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis implementasi nilai-nilai Islam terhadap hasil belajar IPA peserta didik pada SDN 219 Pukkiseng kabupaten Sinjai. Jurnal Jikap, 5 (1). ISSN 2597-4424 (In Press)

[img] Text (Artikel Jurnal)
artikel JIKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (719kB)
[img] Text (Peer Review)
Pengaruh Model Pembelajaran Inquire.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JIKAP

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Soft skills sebagai roda penggerak keberhasilan pembelajaran kognitif menjadi keniscayaan persaingan Industri 4.0 saat ini. Output peserta didik dalam ranah pendidikan menjadi problematika pelaksanaan pembelajaran menuju individu-individu global berkualitas dengan berbagai strategi pembelajaran. Problematika tersebutlah menjadi landasan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis implementasi nilai-nilai islam terhadap hasil belajar peserta didik pada matapelajaran IPA, jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental (eksperimen semu ) dengan static group comparison design, Subjek penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 219 Pukkiseng Kabupaten Sinjai, Perangkat penelitian berbentuk rancangan model pembelajaran inkuiri berbasis implementasi nilai-nilai islam sebagai variabel bebas dan instrumen tes hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik penelitian meliputi tahap awal berupa persiapan penelitian, tahap pelaksanaan dengan menggunakan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol serta tahap akhir berupa analisis deskriktif dan inferensial sebagai metode pengujian hipotesis bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model embelajaran Inkuiri; hasil belajar; implementasis nilai-nilai Islam; metode penelitian kuantitif
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Nurhilaliati Hilal
Date Deposited: 25 Jan 2021 23:27
Last Modified: 28 Jan 2021 04:52
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item