Na'ami, Nazar (2023) Da'wah on new media and religious authorities in Indonesia. Jurnal Ilmu Da’wah, 43 (1). pp. 268-279. ISSN 268-280
![]() |
Text (Article)
18307-54185-1-PB.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (325kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA Tujuan-Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seni dan manajemen dakwah Ustadz Syam di akun TikTok dari analisis sosiologi dakwah.Metode-Penelitian ini menggunakan pendekatan netnografi yang berfokus pada seni dan sosiologi dakwah Ustadz Syam di akun TikTok.Hasil-Hasil penelitian menunjukkan bahwa otoritas keagamaan tidak hanya dikuasai oleh da'i tradisional yang memiliki basis keilmuan di pesantren, namun kini otoritas baru lahir dari para da'i yang dekat dengan media baru, konten, kemasan, fashion, dan platform media sosial untuk berdakwah.Implikasi-Gerakan dakwah yang perlu dilakukan di masa depan harus menyesuaikan dengan dinamika zaman dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas.Orisinalitas-Penelitian ini terkait dengan penerapan dakwah di TikTok, Ustadz Syam menghadirkan otoritas baru sebagai tantangan bagi para Da'i lama yang perlu peduli dengan platform media populer.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah. tiktok. media. social media |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Dr Nazar Naamy, M.Si |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 08:08 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 08:08 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |