Wahid, Abdul (2003) Tendensi antipluralisme dalam pendidikan agama Islam: Kritik teks buku ajar SMU/SMK. Ulumuna, 7 (2). pp. 301-331. ISSN P-ISSN: 1411-3457, 2355-7648; E-ISSN: 2775-2453

[img] Text (Artikel Jurnal)
ABDUL WAHID jurnal Tendensi Anti Pluralisme ULUMUNA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (271kB)

Abstract

INDONESIA Materi buku PAI SMU/SMK memiliki karakteristik menonjol, antara lain: (a) orientasi yang kuat kepada pengembangan ranah kognitif; (b) penekanan kepada aspek intelektual diarahkan kepada pemahaman agama yang bersifat fiqhiyah atau syarî‘ah; (c) materi akidah banyak menonjolkan corak teologi skolastik yang cenderung apologis dan tertutup; (d) dalam berbagai topik, tergambar adanya wawasan pluralisme, tetapi itu lebih berorientasi ke dalam (pluralisme internal). Karenanya, tidak bisa dielakkan ikut sertanya klaim kebenaran mutlak yang dikandung oleh agama (Islam); dan (e) jika terdapat nuansa inklusivisme di dalamnya maka itu tidak lain adalah identifikasi dan pengakuan akan adanya persamaan-persamaan beberapa aspek agama. Namun, di balik itu tersirat universalisme yang kental dengan dominasi dan kooptasi. Pengembangan wawasan keagamaan seperti itu pada taraf tertentu memiliki kaitan sangat erat dengan terbentuknya sikap-sikap keagamaan tertentu. Kecenderungan yang kuat kepada wawasan fiqh bisa melahirkan suatu pandangan keagamaan yang formalistik, melihat segala sesuatu secara hitam putih. Aspek-aspek material dan artifisial menjadi parameter untuk melihat, menilai, dan mengidentifikasi seseorang. Demikian juga jikalau wawasan keagamaan mencerminkan eksklusivisme dan klaim kebenaran yang kental,akan menghadirkan cara pandang dan sikap beragama yang menang sendiri, benar sendiri, dan mutlak-mutlakan. Jika kehidupan keagamaan didasari dengan cara pandang seperti itu, maka dalam berhubungan dengan orang lain atau pemeluk agama lain, yang lebih berpeluang untuk tampil adalah rasa curiga, apriori, dan ketidak sediaan untuk berdialog atau berinteraksi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keragaman; konflik; fanatisme; diskriminasi; toleransi; dialog; rekonsiliasi; hubungan kemanusiaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:44
Last Modified: 12 Apr 2022 02:24
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item