Bahtiar, Bahtiar (2020) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa fisika Kelas X MA Raudlatusshibyan NW Belencong Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Konstan, 5 (2). pp. 61-68. ISSN 2460-9129; p-ISSN : 2460-9110

[img] Text (Artikel Jurnal)
7. Nurfauziah+Wahyudi+Bahtiar (Sinta 4).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (600kB)
Official URL: https://jurnalkonstan.ac.id/index.php/jurnal/artic...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada salah satu Madrasah Aliyah dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran fisika. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan empat tahap yaitu: Perencanaan (Planning), tahap pelaksanaan tindakan (action), tahap observasi (observation), dan tahap refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Raudlatusshibyan NW Belencong yang berjumlah 32 orang siswa. Data diperoleh dari hasil tes siswa, nilai laporan dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan hasil postest siswa. Untuk nilai aktivitas siswa pada siklus I 60% pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 85%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I sebelum deberi tindakan siswa mendapat nilai pada pretest yaitu 37,5% setelah diberi tindakan mendapat nilai protest yaitu 71, 87%. Pada siklus II nilai pretest siswa memperoleh 68,75% kemudian pada postest memperoleh nilai 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan sangat baik dan signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe invstigasi kelompok; aktivitas belajar; hasil belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Fisika
Depositing User: Bahtiar Simimbora Bahtiar
Date Deposited: 19 Sep 2021 03:20
Last Modified: 19 Sep 2021 03:20
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item