Muammar, Muammar (2018) Model pembelajaran keterampilan berbicara berbasis pendekatan komunikatif bagi siswa sekolah dasar: Teori dan praktik. Sanabil, Mataram. ISBN 978-602-6223-88-3

[img] Text (Buku Referensi)
Buku Model_Model pembelajaran keterampilan berbicara berbasis pendekatan komunikatif bagi siswa sekolah dasar Teori dan praktik.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)
[img] Text (Peer Review)
7. Model Pembelajaran_Buku.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (343kB)

Abstract

Buku model ini dimaksudkan untuk bisa menjadi acuan bagi guru-guru sekolah dasar (SD) dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dengan pendekatan komunikatif. Buku ini juga digunakan untuk memfasilitasi guru-guru SD dalam memahami konsep dan praktik model pembelajaran keterampilan berbicara berbasis pendekatan komunikatif. Buku ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, yang ditinjau dari dua aspek, yaitu: aspek kebahasaan maupun aspek nonkebahasaan. Aspek kebahasaan ini meliputi tekanan, ucapan, kosakata/diksi, dan struktur kalimat, sedangkan aspek nonkebahasaan meliputi kelancaran, penguasaan materi berbicara, siikap, dan keberaniaan/ekspresi/mimik. Buku model ini disusun dengan mempertimbangkan karakteristik siswa di SD, teori-teori belajar, dan konteks berbahasa dalam kehidupan siswa sehari-hari. Pada prinsipnya sesuai karakteristik anak SD, mereka belajar membutuhkan contoh konkret. Anak SD mudah belajar dengan cara mengalami langsung. Pembelajaran menjadi bermakna bagi anak apabila dikaitkan dalam konteks berbahasa yang dekat dengan kehidupannya. Apalagi, asumsi utama dalam belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi. Oleh karena itu, konteks berbahasa yang dekat dengan kehidupan siswa ini menjadi dasar dalam pembelajaran berbicara. Buku model ini disusun agar guru mudah memahami dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran. Buku model ini merupakan salah satu alternatif rujukan bagi guru untuk meningkatkan kompetensi komunikatif dan keterampilan berbicara siswa secara bersamaan. Guru diharapkan memiliki sudut pandang bahwa buku ini merupakan bagian dari sebuah proses perbaikan dan melihat secara positif sisi keterpaduan sebuah proses yang menghendaki relevansi kegiatan pembelajaran dengan realitas yang akan dituju siswa yaitu agar siswa memiliki bekal yang cukup berupa keterampilan berbicara yang baik dan dapat dimanfaatkannya dalam kehidupan, baik kini maupun nanti.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran keterampilan berbicara; teori dan praktik; sekolah dasar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr. M.Pd. Muammar Muammar
Date Deposited: 27 Apr 2021 00:25
Last Modified: 11 May 2021 04:47
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item View Item