Muammar, Muammar (2020) Membaca permulaan di Sekolah Dasar. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-7881-89-6

[img] Text (Buku Referensi)
Buku Membaca Permulaan di Sekolah Dasar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
6. Membaca Permulaan_Buku.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (353kB)

Abstract

INDONESIA Buku ini dimaksudkan untuk bisa menjadi referensi bagi dosen dan mahasiswa (calon guru) di Program Studi PGSD/PGMI dalam mengkaji secara teori dan praktik pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar (SD/MI). Buku ini juga dapat digunakan untuk memfasilitasi guru-guru SD/MI, orang tua, dan masyarakat untuk memahami konsep dan praktik membaca permulaan. Membaca permulaan sebagai dasar untuk membaca lanjutan harus diajarkan secara benar sehingga sedini mungkin siswa dapat membaca dengan lancar, jelas, tepat, dan paham teks yang dibacanya. Oleh karena itu, buku ini disusun dengan sistematika penulisan yang mudah dipahami oleh pembaca. Bab I pendahuluan berisi argumentasi penulis dalam menulis buku ini berdasarkan data-data rill yang bersumber dari data primer maupun sekunder sehingga tampak state of the art-nya. Bab II konsep membaca permulaan berisi penjelasan rinci mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, ciri-ciri, tahap-tahapan, faktor-faktor yang mempengaruhi, hingga kesulitan dalam membaca permulaan. Bab III kesulitan belajar membaca permulaan berisi penjelasan tentang kesulitan siswa belajar membaca permulaan yang disebabkan oleh ketidakmampuannya dalam mengenal, menggabungkan, dan memahami bahasa. Bab IV metode membaca permulaan berisi uraian lengkap enam metode membaca permulaan. Bab V evaluasi membaca permulaan berisi gambaran evaluasi membaca permulaan mulai dari instrument, asesmen, pengukuran, penilaian, hingga evaluasinya. Bab VI implementasi metode membaca permulaan berisi kajian-kajian terdahulu terhadap penerapan metode membaca permulaan sehingga tergambar dengan jelas keefektifan dari metode membaca permulaan tersebut dalam penerapannya. Bab VII praktik membaca permulaan berisi praktik langsung membaca permulaan mulai dari pengenalan huruf hingga membaca paragraf. Bab VIII penutup berisi penegasan kembali enam bab di atas atau simpulan dari isi buku secara keseluruhan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: membaca permulaan; sekolah dasar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr. M.Pd. Muammar Muammar
Date Deposited: 28 Apr 2021 01:29
Last Modified: 11 May 2021 04:44
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item