Fattah, Abdul and Quddus, Abdul and Asyari, Akhmad (2016) Pendidikan islam multisipliner. Sanabil Press, Mataram.

[img] Text (Book)
Text.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)
[img] Text (Peer Review)
pendidikan islam.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (386kB)

Abstract

INDONESIA Buku pendidikan Islam multikultural ini tidak hanya menyajikan komponen kurikulum dari penidikan Islam namun pendidikan Islam dikaji dari berbagai di mensi dengan pendekatan multisiplin Ilmu, mulai dari sejarah, sosiologi, antropologi, filsafat bahkan seni Islam. Dalam konteks bangunan intelektual yang sedang dan terus dikembangkan di IAIN Mataram melalui "Horizon lImu" maka buku ini menjadi bagian yang tidak terpisah kan dalam bentangan keilmuan yang saling mendukung dan terkait (1ntellectualCOnneenng). Bagaimanapun, problem kehidupan tidaklah tunggal dan variatif. Karena itu, berbagai judul maupun tema yang ditulis oleh para dosen jurusan PAI tersebut adalah bagian dari faktualitas Kemampuan para dosen dalam merespon berbagai problem dan 1su-1su kontemporer Pendidikan Islam. Berangkat dari hal di atas maka buku ini mengkaji tentang; Guru powerful adalah guru yang dirindukan, seni Islam dan nilai spiritualitasnya bagi dunia, sistem pembinaan akhlak, profesionalisme guru PAI dan tujuan pendidikan Nasional, pendidikan agama Islam dalam perspektif pluralisme, rancangan sebagai acuan dalam pelaksanaan perkuliahan, konsepsi pengembangan bahan ajar filsafat berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Islam dan Internalisasi pendidikan multikultural di tripusat pendidikan, Ulumul Qur’an; antara Ilmu dan dogma baru, menggagas paradigma pendidikan, pendekatan sosiologi dalam kajian agama sebagai realitas sosial, mengasah kompetensi dasar mahasiswa PAI dalam bidang Qur’an Hadis, Reasoning pengembangan madrasah inklusif. Hadirnya buku PIM (Pendidikan Islam Mulhidipliner) ini harus diakui sebagai langkah maju dalam percaturan akademis IAIN Mataram, yang mungkin, dan secara tormal memang belum terjadi di IAIN Mataram. Kami sangat berharap tradisi akademis seperti ini akan terus dikembangkan Secara bersama-sama dalam rangka dan upaya mengembangkan IAIN Mataram menuju suatu tahapan kelembagaan yang lebih maju dan berkualitas.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; pendidikan islam; tekhnologi informasi dan komunikasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Dr Abdul Fattah
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:57
Last Modified: 23 Nov 2021 06:39
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item View Item